mobil bekas
Gambar: MSN Auto

10 Mobil Bekas yang Perlu Dihindari

Posted on

10 Mobil bekas yang perlu di hindari – Di tengah gencarnya promosi awal mobil-mobil keluaran prabik terbaru di pasaran seperti Toyota Agya dan juga Daihatsu Ayla, ada kabar kurang sedap di dunia otomotif. Dalam hal ini adalah berita yang berdasarkan pada survei riset tentang mobil bekas dari merk-merk kondang yang terkesan menipu konsumen. Untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari, ada baiknya Anda yang akan beli mobil bekas untuk melihat daftar mobil bekas yang perlu dihindari. Dan mungkin ini dapat menjadi tips membeli mobil bekas bagi Anda.

Reputasi yang dimiliki mobil-mobil terkenal dapat menipu terutama untuk mobil bekasnya. Kendaaraan klasik dari produsen terkenal mungkin enak dikendarai dan menarik untuk dimiliki, namun ketika masa garansi habis maka akan muncul banyak permasalahan. Semua nilai prestisius dan performanya tidak berarti apa pun seperti mobil yang tidak laku di toko, dan untuk memperbaikinya akan membutuhkan banyak uang. Oleh karena itu daftar 10 mobil bekas yang perlu dihindari ini dapat menjadi tips bagi Anda membeli mobil bekas.

mobil bekas
Gambar: MSN Auto

10 Mobil bekas yang perlu di hindari

1. Audi Q5 2009 – 2011

Audi Q5 telah booming sejak debutnya pada tahun 2009. Mobil crossover serbaguna yang kecil ini terlihat keren dan enak dikkendarai. Namun dari data Consumer Reports, yang berasal dari survei pelanggan, menunjukkan bahwa para pemilik memiliki masalah dengan sistem pendingin mesin, peralatan listrik, sistem audio, berderit dan kerincingan. Jika Anda ingin membeli Q5 bekas, satu pertimbangan yang harus dilakukan adalah kepemilikan yang bersertifikasi dan masih dalam waktu garansi.

2. BMW 330i / 335i 2007 – 2010

BMW 3-series sangatlah dibanggakan. Ini merupakan standar kelas satu untuk kelas sedan. Model 330i dan 335i yang sangat jelek, masuk ke dalam rangkaian 3-series, telah terbukti tidak dapat dipercaya. Wilayah masalah yang serius mencakup sistem bahan bakar, komponen mesin besar dan keci, piranti kerasbodydan sistem audio.

3. Chrysler Town & Country / Dodge Grand Caravan

The Chrysler Town & Country dan perusahaan kembarnya, Grand Caravan, merupakan pemain utama di Amerika. Dodge telah berhasil menjual jutaan unit, meskipun ada tendensi untuk kerusakan. Mobil keluaran tahun berapapun mempunyai tingkat kepercayaan yang jelek. Hal itu berdasarkan pada laporan Customer Reports. Dan ini bukanlah hal-hal kecil yang mengalami kerusakan: transmisi, komponen mesin, suspensi, sistem rem, listrik dan bahan bakar semuanya bermasalah.

4. Jaguar XF 2009 – 2010

Jaguar merupakan merk yang mengalami peningkatan paling baik di  J.D. Power & Associates 2012 Initial Quality Study, dimana meloncat jauh dari posisi dua puluh ke posisi kedua di akhir tahun kemarin. Si XF yang sexy, mewah dan sporty merupakan peningkatan besar dari S-Type yang digantikannya pada tahun 2009. Hanya itu saja yang menjanjikan. Namun transmisi, sistem kemudi, sistem elektronik merupakan komponen-komponen besar yang cenderung mengalami kerusakan.

5. Jeep Grand Cherokee

Jeep Grand Cherokee memang mewah dapat dibawa kemana saja. Berkebalikan dengan hal ini, mobil ini mempunyai catatan kerusakan-kerusakan. Baik model V6 dan V8 keduanya tidak dapat dipercaya, meskipun versi V6 terakhir telah menunjukkan perbaikannya. Permasalahan yang muncul mencakup sistem pendinginan, sistem kontrol iklim, komponen kemudi, rem, peralatan power, piranti keras body dan bagian-bagian mesin kecil.

6. Mercedes-Benz M-Class tahun 2002, 2006, 2007, 2009

Mobil ini nampaknya tidak layak menjadi mobil mewah dengan harga yang mahal namun tidak dapat diandalkan. Dan itulah yang terjadi pada crossover Mercedez midsize. Model keluaran tahun 2006 dan 2007 sangatlah buruk, hal itu berdasarkan pada Customer Reports. Model-model ini mengalami kerusakan parah pada mesin, sistem elektronik, piranti keras body, transmisi dan masalah lainnya.

7. MINI Cooper S & Cooper Clubman S

Mini Cooper S dan model yang agak lebih besar, Clubman S, keduanya mempunyai mesin yang lebih handal dibandingkan dengan versi standar-nya. Power yang lebih berarti semakin banyak persoalan. Sebagai konsekuensinya, mesin S – dengan turbocharged atau pun supercharged, tergantung dengan tahunnya – sangatlah bermasalah. Selain itu juga terjadi kerusakan pada transmisi, sistem bahan bakar, bagian body yang mendecit, dan juga rem yang mengecewakan para pemiliknya.

8. Nissan 370Z tahun 2009 – 2010

Fakta bahwa Nissan merupakan produsen mobil yang terkalahkan. Namun, desain ulang 2009 untuk model sporty 2 tempat duduk ini justru memberikan permasalahan yang tidak ditemui di model sebelumnya. Khususnya yang berkaitan dengan mesin dan transmisi. Sistem kemudi, suspensi, dan rem pun cenderung mengalami kerusakan.

9. Porsche 911 tahun 2006

Porsche merupakan model top yang ada di J.D. Power & Associates quality studies. Mobil Sport race-bred ini dikenal anti peluru. Namun Porsche 911 menjadi sebuah anomali, dengan masalah pada elektronik dan sistem pendingin mesin. Sulit untuk mengatakan bahwa model 2006 ini hanyalah pengecualian. Karena model keluaran tahun 2007 dan 2009 dapat diandalkan, yakni Porsche Boxster dan Cayman.

10. Volkswagen New Beetle

Mobil ciamik yang dipuja-puja ini ternyata mengecewakan. Customer Reports mengenyampingkan data untuk model dari 2008 hingga 2011, namun model keluaran tahun 2007 dan tahun-tahun sebelumnya muncul dengan bermacam persoalan. Baik model hatchback atau pun convertible dari New Beetle punya banyak persoalan diantaranya; suspensi, rem, knalpot, dan sistem kontrol iklim. Dan bagian-bagian lainnya pada akhirnya juga membutuhkan perbaikan.

Daftar 10 mobil bekas yang perlu dihindari diatas mudah-mudahan dapat memberikan info tambahan bagi Anda yang berniat untuk membeli mobil bekas. Sehingga Anda tidak akan menyesal nantinya.

Baca juga tentang Mercedes Menarik Ratusan Sedan E-Class yang Bermasalah!

Disclaimer: Daftar 10 Mobil Bekas yang Perlu Dihindari diatas merupakan ulasan tentang mobil bekas yang diposting di MSN Auto.

8 thoughts on “10 Mobil Bekas yang Perlu Dihindari

  1. 10 mobil bekas yg perlu dihindari:
    1. bekas ditabrak kereta
    2. bekas dibakar massa
    3. bekas terendam banjir
    4. bekas dibom atom
    5. bekas dilindes dump truck
    6. bekas masuk jurang/jatuh dari parkiran
    7. bekas ditembak tank
    8. bekas wc umum/pembuangan sampah
    9. bekas dipake hantu
    10. bekas dimutilasi

  2. kok semuanya mobil barat ya? tapi ya liat-liat hoki juga si, kan ada juga mantan pemakai jual bukan karena bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *