kesalahan berbahasa indonesia
Gambar: inindonesiaonline

Aku terus bergeming

Posted on
kesalahan berbahasa indonesia
Gambar: inindonesiaonline

KESALAHAN Penggunaan Bahasa – Dalam postingan sebelumnya tentang bahasa kebingungan penggunaan kata “menganggur” yang mana saya bingung kata dasar baku dari menganggur itu apa. Bagi yang belum baca silahkan baca Menganggur Anggur, daripada Menganggur. Pada dasarnya tulisan ini sudah pernah saya posting di notes facebook saya sekitar tahun 2010 yang lalu. Pada postingan ini, saya mendasarkan pada kebingungan penggunaan kata bergeming yang ternyata seringkali salah arti. Dan memang sering terjadi kesalahan penggunaannya dalam bahasa Indonesia. Setelah ditelusuri ternyata masih ada beberapa kata bahasa indonesia lain yang sering salah dalam penggunaannya. Apa sajakah itu? Silangkan bisa dibaca hingga akhir.

Kesalahan Penggunaan Bahasa

Beberapa minggu yang lalu, selagi saya sedang menonton tayangan mingguan berita bola di MetroTV, sang announcer memberikan pernyataan yang kira-kira seperti ini, “meski wasit diintimidasi karena keputusannya oleh para pemain, ia tetap bergeming”. Spontan pula saya merasa aneh dengan pernyataan itu. Kenapa? Karena selama ini saya menganggap bahwa arti kata “bergeming” itu adalah “goyah”. “Ah salah itu announcer-nya,” kataku. Namun, teman saya–Sri Waluyo–justru membenarkan kalimat di atas. Dia menjelaskan bahwa arti “bergeming” adalah “tetap pada pendirian atau tidak goyah”. Baru kali ini saya tahu hal itu. Bagaimana dengan kalian?

Kemarin, saat liburan Hari Idul Adha, saya kembali mendengar seorang announcer di TV swasta, tapi saya lupa TV apa itu. Dia menggunakan kata “geming” dengan makna yang selama ini saya asumsikan. Maka, rasa penasaran saya muncul. Apa sih arti sebernarnya kata “geming” itu. Semakin lama semakin mengusik pikiran saya. Dengan menggunakan aplikasi kamus bilingual yang ada di HP, saya mencoba mencari kata itu. Benar apa kata teman saya, bahwa arti kata “geming” adalah kekeh, tetap, tak goyah; atau be motionless, keep quiet. Saat itu pula saya yakin arti kata itu sama seperti yang teman saya katakan.

Hari ini, setelah kesal mahasiswa tidak hadir yang ternyata mereka masih libur, saya iseng-iseng main ke mbah Google. Saya masukkan key word “makna kata bergeming”. Saya mendapatkan beberapa situs yang menyediakan hal itu, salah satunya web ini http://bermenschool.wordpress.com/2009/07/13/acuh-geming-kasat-tiga-kata-yang-sering-terbalik-artinya/. Di sana saya ketemukan beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang ternyata kita sering salah menggunakannya. Contohnya

  1. Acuh
  2. Kasat, dan
  3. Geming.

Silahkan untuk lebih jauhnya, kalian kunjungi web di atas saja untuk masing-masing penggunaannya. Semoga bermanfaat tulisan tentang kesalahan penggunaan bahasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *