apple di 2013

Apa Gebrakan Apple di 2013?

Posted on

Apple di 2013 – Apple merupakan salah satu pemain hebat di jajaran teknologi gadget dunia. Selain karena loyalitas para pengguna smartphone, tablet atau pun produk lainnya, Apple juga dikenal sebagai perusahaan yang berulang kali berseteru dengan perusahaan lain dalam hal hak paten produk-produknya. Perseteruannya dengan Samsung di hampir sepanjang tahun 2012 selalu menjadi headline berita teknologi dunia.

Maka muncul beragam prediksi yang muncul tentang apa yang akan dilakukan Apple di 2013. Baik dalam hal improvisasi produk-produk yang sudah ada sebelumnya atau pun rencara peluncuran produk baru, serta perlu ditunggu juga apakah masih ada perseturuan hangat bahkan panas seperti di 2012.

apple di 2013

Apple di 2013

Berikut ini adalah prediksi yang dibuat oleh seorang jurnalis di cnet.com yang mana dia menuliskan 5 hal yang diprediksi akan dilakukan Apple di 2013.

1. Apple TV

Rumor akan adanya produk Apple TV ini mirip dengan rumor kemunculan iPad dan juga iPhone sesaat sebelum kemunculan produk tersebut. Sebagaimana pepatah bilang, tidak ada asap bila mana tidak ada api, dan kesempatan bahwa Apple pada akhirnya mengeluarkan produk TV baru di 2013 nampak semakin memanas.

Apple telah mempunyai set-top box meski ini tidak menyatu pada layanan kabel, hanya sekedar untuk menkoneksikan toko digital Apple dengan layanan streaming pihak ketiga seperti Netfix dan Hulu. Baru-baru ini Apple telah menambahkan opsi untuk menghubungkan video dan konten media lainnya dari perangkat iOS dan Mac yang berada dalam satu jaringan Wi-Fi.

Akankah Apple benar-benar akan enggan membuat sesuatu yang kecil, sederhana, dan murah untuk apa yang agaknya menjadi perangkat mahal yang sulit untuk dilakukan shipping, dan yang orang-orang mungkin akan menggantinya sekali dalam 5 tahun? Selagi TV set dengan full-fledged merupakan suatu kemungkinan, berharap bahwa Apple akan mengeluarkan set-top box yang lebih pintar dengan cara yang lebih baik dalam melihat tayangan tevelisi dan kontrol dasar dari fungsi TV — dua hal yang model sekarang milik Apple belum dapat lakukan.

2. Lebih berdamai dengan para kompetitor

Jika tahun 2012 menjadi tahun perseteruan di meja hijau, 2013 agaknya akan menjadi tahun damai. Di awali dengan pengumuman “genjatan senjata” selama 10 tahun antara Apple dan HTC yang diumumkan pada November lalu. Dan tidak mustahil itu juga akan terjadi pada dua rival yang masih tersisa.

Kemenangan yang jelas adalah pertengkaran Apple dengan Samsung. Kedua belah pihak telah bertemu beberapa kali untuk menyelesaikan pertengkaran ini. Meski sempat terjadi tarik-ulur, akhirnya Samsung baru-baru ini menyatakan siap kembali untuk duduk bersama menyelesaikan perseteruan yang ada.

Pertengkaran besar lainnya adalah antara Apple dengan Google dalam hal Android OS. Berbeda dengan Steve Jobs, Tim Cook (CEO Apple sekarang) telah menyatakan tidak tertarik untuk memasukannya ke ranah pengadilan. Seolah pertengkarangnya dengan HTC dan Samsung menjadi wakil untuk perang yang lebih besar dengan Google.

3. iRadio

Meski sudah mencapai puncak dalam hal pelanggan layanan musik yang digarapnya, Aplle belum pernah membuat satu produk aktualnya. Ini agaknya ketinggalan jauh dari kompetitornya seperti Spotify dan RDIO yang telah menawarkan cara murah untuk mendapatkan koleksi musik yang banyak, serta tersedia dalam beragam perangkat.

Dari sumber CNET disebutkan bahwa kesepakatan Apple dengan tiga perusahaan rekaman besar nampaknya masih belum jelas. Meskipun hal tersebut tidak mencegah Apple untuk mendapatkan uang yang sangat banyak guna menyempurnakan kesepakatan dan memulai layanan dan kemudian menjalankan layanan tersebut.

4. Apple Maps

Peningkatan kecil, namun butuh investasi besar. Apple Maps menjadi software terbesar yang diproduksi Apple di 2012, sekaligus menjadi sumber kekecewaan ketika para pengguna dan pers mempertanyakan keseriusan dan kualitas software peta ini.

Di 2013, peningkatan mutu akan dibuat dan beberapa diantaranya telah dibuat. Sudah terlihat tanda-tanda bahwa Apple memperkerjakan staf tambahan untuk mempercepat tim pembuat peta.

5. Siri

Di 2013, kemungkinan Siri akan meninggalkan versi beta. Apple punya banyak hal serius berkaitan dengan Siri untuk dikerjakan. Apple memberikan asisten suara beberapa trik baru di iOS 6, namun Google membuat layanan ini berjalan agak lambat dan janggal sebagai bagian dari update Android 4.1 Jelly Bean. Fitur software tersebut yang akhirnya mempengaruhi aplikasi pencarian Google di iOS, memberikan jawaban yang lebih cepat dan terkadang lebih bermanfaat.

Perlu diharapkan juga akan adanya peningkatan kecepatan besar serta integrasi dengan aplikasi dan layanan dari pihak ketiga. Muncul tanda-tanda juga bahwa Siri akan muncul di perangkat lain seperti platform Mac dan Apple TV.

sumber: cnet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *