bahasa inggris akan dihapus dari kurikul sd
Gambar: UGM

Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

Posted on
bahasa inggris akan dihapus dari kurikul sd
Gambar: UGM

BAHASA Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD – Di tahun ajaran 2013-2014 Kemendiknas berencana untuk menghilangkan mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Dasar dari kurikulum wajib. Hal tersebut diberlakukan dengan alasan untuk lebih menguatkan penguasaan Bahasa Indonesia dan bahasa daerah sebelum anak-anak diperkenalkan dengan bahasa asing. Setidaknya itu menjadi alasan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakannya sebagaimana yang disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim.

Beliau menambahkan bahwa peraturan ini kurikulum ini harus dipatuhi oleh semua sekolah yang ada di Indonesia, dan menganggap “haram” untuk memberikan materi Bahasa Inggris sebagai pelajaran wajib. Sekolah tetap bisa memberikan tambahan mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa SD jika itu merupakan satu bentuk materi tambahan, bukan mata pelajaran wajib; namun hal ini akan dipertimbangkan lagi tentang bagaimana cara pelaksanaannya nantinya.

Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

Peraturan ini akan diberlakukan pada sekolah dasar negeri. Sedangkan untuk sekolah internasional yang umumnya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, Kemendiknas masih akan mengkaji lebih dalam kembali untuk bagaimana formulasi yang paling tepat dan akan diatur belakangan.

Seperti diketahui, kurikulum untuk siswa SD akan dipadatkan hanya enam mata pelajaran, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Namun, ini baru disepakati untuk siswa kelas 1-3 saja, sedangkan kelas 4-6 masih didiskusikan lagi.

Tentunya hal ini akan menuai pro-kontra. Bagi yang pro mungkin mereka menganggap bahwa belum waktunya siswa SD untuk diberi pelajaran Bahasa Inggris yang di beberapa sekolah justru menjadi hal yang dibangga-banggakan. Dan bagi yang kontra mungkin menganggap bahwa tidak masalah bagi siswa SD untuk belajar Bahasa Inggris, bukankah itu merupakan kebutuhan di dunia modern ini. Dan bagi saya sendiri, saya sependapat dengan Kemendiknas karena dengan berkurangnya mata pelajaran di sekolah, guru dapat lebih fokus pada pemberian porsi yang lebih untuk bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Selain itu, penanaman nilai-nilai karakter pada siswa akan lebih banyak untuk mengimbangi kepandaian kognitif siswa. Lalu apa pendapat Anda?

Bahan Bacaan Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD – Kompas Edukasi

9 thoughts on “Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

  1. Wahhh… Dulu termasuk rajin cari BL brati y… 🙂

    Saya malah lagi pingin beli jasa BL. Tapi masi mikir2. Takut klo dihajar panda sm pinguin ato binatang lainnya. 😀 😀

    Aslinya lagi, bukan Weleri. Tapi Limpung. Wkwkwkwk…
    Lahir di Limpung. Kelas 1 SMP pindah Weleri. Ngikut ortu.

    Banyuputih, saya tau banget itu. 🙂
    Dulu ada murid saya di situ.
    Skrg kerja di mana, Bro?

    Cara nurunin Alexa… Hmmm…
    Saya ga tau cara yg pasti.

    Share yg ane lakuin ahhh… (Berhubung orang deket daerah asal saya… wkwkwk…)
    Yg saya lakuin gini:

    Blog saya kan tentang komputer. Saya sering main ke website2 tempat orang pada curhat masalah komputer (subforum, grup fb, dll). Liat masalah yang paling sering terjadi.

    Terus dari situ, saya dapat ide bikin posting. Setelah dapat ide, saya main2 pakai Keyword Tool nya Google. Liat mana yang monthly searchnya gede (tapi ga kegedean). Ya kira2 5rb-20rb monthly search. Dari situ saya dapat kiwod.

    Kiwod itu saya ketikkan di Google dengan browser yang udah ada seo quake nya. Liat pagerank website2 saingan. Klo banyak yg tinggi2, batal d, balik lagi ke kiwod tool. Klo banyak yg 0 ato 1 (meskipun yg paling atas itu 4 ato 5), saya lanjut bikin post dengan KW itu. Cara bikin postingnya pake WP SEO nya Yoast.

    Udah gitu tok. Hasilnya, meskipun dikit2, tapi naik2 terus. Dan tiap artikel, rata kena trafik dari SE. Ada juga artikel yg saya setting noindex. Ini biasanya artikel2 low quality (di bawah 300 kata). Low quality page bisa nurunin ranking di mata Google. Jadi artikel2 yg seperti ini, saya bikin supaya ga diindex Google (ini ajarannya Neil Patel quicksprout.com).

    Dulu waktu masih ngoyo pake FB, promo sana sini, kaskus, vlog, trafik ga bisa kek sekarang. Begitu pake riset kiwod beneran, niat, cuma update 1x seminggu udah bisa sampe segitu. Ya untuk 1000 visitornya kadang2 aja. Rata2nya 800-900. Mungkin kalo rajin update artikel pake riset kiwod beneran, bisa lebih kali y trafiknya. 😀 Tapi sekarang udah sibuk ngajar musik. Ngeblog buat sambilan aja.

    Kira2 seperti itu yg saya lakukan.

    1. Ya sih, saya juga sering baca seperti itu. Tapi karena blog ane campur aduk dari berbagai tema, ya jadi agak males mbidik keyword. Yang penting nulis aja. Hehehe. Seminggu sekali paling submit ke Vlog, lumayan lah buat tambahan traffic.

      Yoast juga ane pasang di WP, dan menurut saya ini terbukti ampuh lah. Kemarin dalam hitungan menit, postingan langsung ke-index karena memang lagi banyak yang nyari update-an informasi itu. Alhasil, tembus hingga 1700 views dengan ngandelin mbah Google.

      Sekarang saya kerja di Rumah Bahasa Universal, tempat kursus Bahasa di Semarang Indah. Macem2 lho gan, kali aja teman agan ada yang pengen belajar bahasa Jerman, Korea, Mandarin, Jepang, Perancis, Inggris, dan mungkin Spanyol bisa belajar di tempat kami. (promosi dikit)..

      Agan ngajar musik dimana?

  2. Menurut saya,…. Hehe… Saya ikt yg cons aja. Ga pro. Memang skrg butuh B.Inggris kan. Itu seperti sudah hal wajib skrg ni. Malah klo bs, ada B.Mandarin jg. Ada skolah yg gt, klo saya pny anak, ta masukin situ. 😀

    Si anak mngkn akan merasa terpaksa. Tp k depannya pasti akan merasakan manfaatnya.
    Seperti saya, dulu jengkel kalo dileskan musik. Padahal udah dipanggilin guru privat. Tapi skrg? Saya jadi bisa kerja d dunia musik. Kerjaannya enak juga. Seperti main2 aja.

    BTW… Templatenya tambah mantep aja ni. Ni yg paling bagus. 🙂
    Ga usah ganti2 lagi aja… 😀

    PR blog saya turun jadi 1… Tp trafik udah bs tembus 1K… =.=a

    1. Terimakasih untuk komentarnya, semua punya pendapat masing-masing. Termasuk para pemangku jabatan tertinggi di Jakarta sana, mereka juga pasti tidak serampangan memberikan pendapat mereka mengenai penghilangan mata pelajaran bahasa inggris di kurikulum SD untuk kelas 1-3.

      Template dapat gratisan aja, hehe. Gak niat ganti lagi sih. PR masih tetep 2. Traffik belum tembus 1K. tapi ada peningkatan setelah pindah hosting kemarin. Sekarang dah stabil di atas 500 lah. Semoga tambah lancara seterusnya.

      Kayaknya agan dari Semarang kah?

      1. Backlink nya mantep ni ya? 😀
        Saya skrg malah ga sempet cari2 backlink. Sibuk ngajar musik.
        Blog nya cuma update seminggu 1 artikel. Paling banter cm 2.

        Iya, Gan…
        Saya kos d Semarang. Aslinya Weleri.
        Kos deket daerah unika. Ane dulu kul di situ. Skrg udah lulus.

        BTW, udah main GA nih… 🙂
        Punya saya daftar GA dibanned2 trs.
        Terus bulan kemarin coba jual slot iklan aja. Laku.
        Bulan ini brenti dulu karena mo naikin trafik dulu biar tambah mahal harga slotnya. B|

        1. backlink saya gak tahu kenapa pada hilang,,,ada puluhan backlink yang hilang. Sekarang males lagi cari backlink. Yang penting update-update saja. Kadang lumayan kalau pas submit ke Vlog, dapat traffik tembus 1k.

          Owh asli Weleri to, deket dengan asal saya juga nih. Saya dari Banyuputih. hehe, tapi kerja di Semarang.

          GA belum bisa nguntungin owk gan kalau pake bahasa Indonesia, apalagi traffik masih minim. Belum berani nawarin spot iklan. Alexa masih gendut saja tuh. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *