gereja blenduk

Bangunan Bersejarah Gereja Blenduk Semarang

Posted on

Akhir pekan, enaknya kita jalan-jalan lagi nih. Kali ini jalan-jalan masih di Kota Semarang, tepatnya di daerah kota lama. Banyak bangunan bersejarah yang dapat kita temui di sana, salah satunya adalah Gereja Blenduk. Ya, kita akan jalan-jalan ke Gereja Blenduk Semarang.

Kota Semarang banyak menyimpan tempat ibadah (baca juga: Masjid Sekayu Semarang) yang memiliki nilai artistik tinggi dan bersejarah. Salah satunya adalah GPIB Immanuel tapi oleh masyarakat Semarang lebih sering dikenal dengan nama Gereja Blenduk. Kenapa gereja ini disebut Gereja Blenduk? Nama gereja ini mungkin diambil dari bentuk kubahnya yang menggembung atau mblenduk dalam bahasa jawa, dan bentuk kubah ini juga yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Menurut catatan sejarah, Gereja Immanuel dibangun pada awal 1753 oleh arsitek warga Belanda yang bermukim di Semarang saat itu, yaitu De Wilde dan Westmas. Gaya bangunan gereja ini mengacu pada gaya art deco. Pada kubahnya yang besar, ternyata kubah ini juga dilapisi oleh perunggu.

Hiasan interior yang ada di dalam gereja masih asli sejak pendeta pertama Johannes Wihelkmus Semkar mendirikan gereja tersebut pada 1753-1760. Diantaranya adalah ubin lantai yang berwarna-warni, bangku-bangku dari kayu jati, dan tempat mimbar untuk khutbah.

Gereja yang megah dan bersejarah ini masih tetap digunakan hingga saat ini. Setiap hari minggu masih digunakan untuk kegiatan ibadah. Kapasitasny mampu menampung 400 jemaah, dan selain itu untuk kebaktian juga difungsikan untuk acara pemberkatan pasangan pengantin.

Gereja Blenduk membuka pintu untuk para wisatawan yang ingin berkunjung melihat kemegahan arsitektur peninggalan kolonial ini, termasuk bagi para wisatawan non kristiani.

Bila Anda berkeinginan untuk datang ke sana, GPIB Immanuel ini terletak di Jl. Letjend Suprapto no. 32 yang dibuka dari jam 06.00-18.00 wib. Pengunjung dikenakan biaya masuk (sekitar) Rp.20.000,-. Serta ada baiknya Anda mencermati tips singkat ini bila Anda ingin berkunjung ke Gereja Blenduk Semarang:

  1. Datanglah ketika ada misa atau kebaktian, Anda yang beragama Nasrani bisa sekalian berdoa di gereja ini.
  2. Anda juga bisa mengabadikan keindahan arsitektur gereja ini menggunakan kamera. Namun Anda perlu untuk ijin sebelum memotret lingkungan gereja.

gereja blenduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *