Bijak Menghadapi 20 Paket Soal UN 2013

Posted on

20 Paket Soal UN 2013 – Ada beberapa tulisan di blog ini yang memuat tentang pelaksanaan Ujian Nasional 2013. Mulai dari berita peluncuran kisi-kisi dari BSNP, penggunaan 20 paket soal, hingga contoh soal di tahun sebelumnya. Pada dasarnya tidak ada yang istimewa dari tulisan-tulisan tersebut. Semuanya hanya mengabarkan dan memberikan soal untuk dapat digunakan latihan bagi siapa saja yang berkepentingan dalam menghadapi UN.

20 paket soal UN

Hal menarik yang membuat saya menulis tulisan ini adalah komentar pengunjung yang hampir semuanya seragam menolak penggunaan 20 paket soal UN. Umumnya berpikiran bahwa digulirkannya 20 jenis soal untuk pelaksanaan Ujian Nasional 2013 ini akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan. Banyak komentar yang menyatakan bahwa mereka pusing menghadapi ujian dan tidak setuju dengan pelaksanaan UN hanya karena penereapan sistem jumlah jenis soal tersebut. Itu mengingat bahwa, di tahun 2012 kemarin, jumlah jenis soal yang dibuat oleh BSNP hanyalah 5 jenis soal saja.

Tidak hanya sekali penulis memberikan balasan komentar-komentar mereka. Penulis mencoba untuk menekankan bahwa 1 paket soal dengan berapa pun jumlah paket soal tidak ada perbedaan. Jumlah paket tidak menambah kesulitan soal yang dihadapi masing-masing siswa. Hanya satu yang membedakan antara 1 paket soal dengan 20 atau berapa pun paket soal, yaitu kecurangan.

Siapa pun pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional 2013, kemendikbud, BSNP, sekolah, guru, hingga orang tua, sepatutnya dapat memberikan pemahaman dan cara pandang yang tepat menyikapi diberlakukannya 20 paket soal ini. Bahwa pada dasarnya:

  1. Masing-masing siswa akan menghadapi soal ujiannya sendiri-sendiri. Jadi berapa paket pun tidak berpengaruh, karena masing-masing siswa hanya akan menghadapi 1 jenis soal.
  2. Materi yang perlu dipelajari tidak berkaitan dengan jumlah paket soal. Hal itu karena satu bahasan materi dapat diolah menjadi berapa pun jenis soal. Yang ada adalah beragam variasi soal dengan inti pemahaman pokok bahasan yang sama.
  3. Tingkat kesulitan soal tidak berkaitan dengan jumlah paket soal. Jumlah paket tidak mempengaruhi tingkat kesulitan soal yang diujikan, karena pada dasarnya tingkat kesulitan tesebut lebih didasarkan pada gradasi materi bahasa itu sendiri.

Jadi siapa pun itu, dengan memahami bahwa 20 paket soal UN tidak berarti akan menjadikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal akan menjawab pertanyaan siswa tentang paket soal. Dan pemikiran yang bijak akan setidaknya mengurangi beban pikiran siswa selama mempersiapkan dan menghadapi UN 2013.

Jika kepala sekolah, guru, dan siswa masih berupaya untuk melakukan kecurangan, jangankan menyambut baik 20 paket soal UN, 1 paket soal pun tidak lah dapat mereka terima.

One thought on “Bijak Menghadapi 20 Paket Soal UN 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *