Cara mencetak pdf yang diproteksi

Posted on
cara mencetak pdf yang diproteksi
Gambar: Adobe

Cara Mencetak pdf yang Diproteksi – Acapkali kita membutuhkan referensi artikel atau tulisan lainya dan kadang pula kita mendapatkannya dalam dokumen berekstensi pdf (portable data file). Setelah mendapatkan file tersebut dan kemudian akan mengedit atau mencetaknya (print), kita mendapati bahwa tombol print tidak aktif (tombol print tidak highlight). Kalu kita mencermati sebenarnya akan ada tulisan “SECURE” setelah nama file ketika dibuka di adobe reader atau pdf viewer lainnya; itu tanda bahwa file pdf itu diproteksi untuk beberapa hal. Proteksi itu biasanya untuk mencegah edit tulisan dan cetak. Sial bukan? Kita hanya dapat membacanya di layar komputer atau laptop kita yang membuat mata kita cepat lelah untuk membacanya.

Bulan lalu, ketika saya ingin mencetak beberapa file pdf, saya juga merasakan hal itu. Dengan sedikit bantuan mbah Google, akhirnya masalah itu terselesaikan. Saya menemukan satu trik komputer di salah satu blog yang saya lupa link-nya membahas permasalahan tersebut. Nama software itu adalah GSVIEW; adakah yang pernah tahu itu? Mau? Tenang saja, silahkan googling aja pasti akan ketemu kok. Lalu bagaimana caranya pakainya? Ya silahkan simak lagi ya.

Berikut ini akan saya berikan langkah-langkah untuk menggunakan software yang dapat “mencetak pdf yang diproteksi”.

  1. Install software yang telah didownload dari situs resminya, tenang dapat digunakan dengan free, meski ada fitur tambahan sebenarnya untuk yang premium. Tapi kita cukup pakai yang free aja kok.
  2. Pastikan kalian juga sudah menginstall GS-Script di komputer, kalau belum punya ya googling lagi aja. Yang ini totally free. Install lagi ya.
  3. Kalau sudah semuanya, silahkan jalankan program GSview (bukan GS-Script nya ya….)
  4. Ada deretan menu di toolbar, pilih “File” dan kemudian “Open” untk membuka file pdf yang akan cetak karena diproteksi
  5. Setelah terbuka, kalian bisa langsung mencetak dengan pilih menu “File” dan pilih lagi “Print”.
  6. Namun, bila kalian ingin membobol proteksi-nya, kalian harus lakukan “save as” dari menu “File”. Sehingga nanti akan menjadi satu file pdf baru yang sudah hilang proteksinya, dan tulisan “SECURE” di filename akan hilang.

Mudah bukan cara mencetak pdf yang diproteksi? Hanya mengikuti langkat tersebut kalian dapat mencetak dan/atau mengedit isi dari pdf. FYI, untuk mengedit isi file pdf tentunya kalian membutuhkan software seperti adobe acrobat (beda dengan adobe reader lho…) atau software pengedit lainnya, contoh saja foxit reader.

OK. Itu saja tutorial cara mencetak pdf yang diproteksi dan selamat mencoba!

16 thoughts on “Cara mencetak pdf yang diproteksi

  1. Ada cara yang lebih mudah untuk Mencetak File PDF yang Terproteksi, yaitu dengan membuka file tersebut di program/aplikasi penjelajah Anda.
    Syaratnya:
    1. Ada program pembaca pdf (Adobe, Foxit, dsb) di komputer Anda.
    2. Ada program penjelajah (Chrome, Mozilla, Opera, dsb), tempat Anda mencari dan mengundhuh file PDF.

    Cara:
    1. Buka laman yg memuat PDF dari halaman pencarian di program penjelajah.
    2. Tekan ctrl+P (cetak/print)
    3. Ubah property printer ke program PDF Anda.
    4. Cetak kmd pilih folder penempatan hasil.
    5. Selesai dan tidak ribet
    6. Selamat mencetak File PDF yang Terproteksi!

  2. haturnuwun infornya kang agan.. bermanfaat dan berguna sekali, link, softwarenya, semua berguna. mohon izin buat mengsharing blog ini ke yang lainnya ya..

  3. Kebetulan sekali gan, ada file pdf yang di atasnya ada tulisan SECURED, padahal saya mau copas tulisannya, googling masuk kemari..ijin sedot langsung ke TKP, perlu banget nih..hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *