harga jual mobil bekas
Gambar: Edmunds

Cara Menentukan Harga Jual Mobil Bekas Anda

Posted on
harga jual mobil bekas
Gambar: Edmunds

Harga Jual Mobil Bekas – Dengan munculnya produk-produk baru mobil, seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, membuat beberapa pemilik mobil ingin memilikinya. Meski tidak ada regulasi yang melarang jumlah kepemilikan mobil, namun untuk urusan harga mungkin akan menjadi pertimbangan. Sehingga opsi untuk menjual mobil lama atau mobil bekas menjadi salah satu pilihan yang tidak terhindarkan.

Bagi Anda yang tidak terbiasa untuk urusan menjual barang, mungkin akan menemui kesulitan untuk menentukan harga jual mobil bekas Anda. Ada yang bilang bahwa menentukan harga jual mobil bekas itu mirip dengan sebuah seni – penggabungan antara riset dan intuisi. Penentuan harga yang tepat akan dengan cepat memungkinkan Anda mendapatkan harga yang pantas untuk mobil bekas Anda. Dan penentuan harga yang salah akan membuat Anda harus menunggu berminggu-minggu untuk mendapatkan penawaran dari calon pembeli.

Tujuan Anda adalah untuk membuat daftar harga yang kompetitif untuk mobil bekas Anda, upayakan harga tersebut mempunyai rentang harga yang tinggi. Hal tersebut akan memberi kesempatan untuk Anda bernegosiasi dan masih memungkinkan untuk mengubahnya dengan cara yang baik. Jadi tentukan pada harga berapa Anda akan menjualnya.

Cara Menentukan Harga Jual Mobil Bekas Anda

Terdapat banyak cara atau tips untuk menentukan harga manis untuk mobil bekas Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah cara menentukan harga jual mobil bekas yang dapat memberi petunjuk bagi Anda untuk melaksanakan proses yang penting ini.

  1. Tentukan Pasar. Apakah jenis mobil Anda ini sedang banyak permintaan di pasar? Bisakah Anda memasang harga yang tinggi? Apakah ini waktu yang tepat untuk menjual mobil? Berikut ini sedikit hal-hal umum yang dapat menjawab pertanyaan tersebut:
  • Sedan keluarga, meski terkesan membosankan bagi banyak penggila mobil, permintaan jenis mobil ini tetap konstan terutama bagi orang-orang yang memerlukan transportasi dasar dengan harga yang tidak mahal.
  • Cuaca atau musim juga mempengaruhi permintaan mobil bekas terutama untuk jenis mobil tanpa atap atau pun mobil sport.
  • Truk dan vans dapat dijual dengan cepat dan harga permintaan yang kompetitif, karena banyak orang membutuhkannya untuk bekerja.
  • Mobil koleksi akan cenderung lebih lama untuk dijual. Meskipun Anda dapat menjualnya dengan harga yang pas jika bertemu dengan pembeli yang tepat.
  1.  Lihat Petunjuk Harga. Cari daftar harga mobil-mobil bekas di situs-situs yang terpercaya. Beri sedikit harga lebih untuk memungkinkan Anda bernegosiasi dengan calon pembeli. Serta bandingkan juga daftar harga bekas di tempat lain untuk memberi perbandingan.
  2. Survei Kompetitor Anda. Periksa lebih jauh iklan-iklan di situs atau pun surat kabar untuk melihat harga yang dipatok penjual untuk mobil yang sejenis dengan yang Anda miliki. Bandingkan pula kondisi mobil, jarak tempuh yang telah dipakai, lokasi geografis dan patokan harga untuk mobil bekas Anda untuk memberi petunjuk harga jual mobil bekas Anda.
  3. Hargai mobil bekas Anda secara kompetitif. Sebagaimana telah disebutkan di atas, beri harga yang memungkinkan Anda untuk bernegosiasi. Patok di atas harga lebih tinggi dari pada uang yang Anda harapkan dari penjualan mobil bekas tersebut. Jika Anda dapat menjual dengan harga yang dipatok tersebut itu sangatlah bagus. Namun jika Anda harus menurunkannya, setidaknya Anda tidak merugi banyak.
  4. Mainkan intuisi Anda. Ketika Anda telah memperhatikan semua data tersebut, sekarang waktunya berkonsultasi dengan intuisi Anda. Mungkin Anda mempunyai satu keyakinan bahwa mobil bekas Anda itu banyak peminatnya, atau saat itu adalah waktu yang tepat untuk mematok harga tertentu.

Dengan 5 langkah atau cara menentukan harga jual mobil bekas tersebut semoga Anda dapat mematok harga yang tepat sehingga keinginan Anda untuk menggantinya dengan mobil yang baru dapat tersampaikan. Dan bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, ada baiknya ada membaca 10 Mobil Bekas yang Perlu Dihindari!

sumber: Edmunds.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *