cara meningkatkan trafik blog
Gambar: allbloggingtips

Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Google Trends

Posted on

Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Google Trends – Menjadi seorang blogger haruslah kreatif dan pandai-pandai membangun blog dan menarik pembaca untuk membaca tulisan-tulisan yang tentunya bermanfaat. Apalagi Google terus memperbaharui mesin pencariannya yang menuntut seorang blogger untuk menulis konten unik, bermutu, serta sekaligus memudahkan pembacanya untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Semakin banyak bermanfaat dan banyak dicari orang, maka konten milik blogger akan semakin populer, salah satunya dengan semakin banyak pengunjung. Bagi blog yang dimonetasi, contoh dengan Google Adsense, semakin banyak pengunjung berarti semakin tinggi pundi-pundi uang yang didapatkannya.

Namun sebagai blogger, kadang saya (tidak yakin bila blogger mengalami hal ini) kesulitan dalam menulis konten dengan satu tema besar dan tema-tema turunan untuk konten blog. Saya masih sulit untuk menentukan keyword utama dan turunan untuk blog saya yang selama ini hanya menulis apa yang pingin saya tulis saja. Jadi blog ini lebih bersifat campur aduk kaya gado-gado. Pingin nulis konten, ya nulis tanpa riset keyword menggunakan tool atau pun dari Google Adwords Keyword Tools. Kemudian saya mengalihkan cara meningkatkan trafik blog ini menggunakan Google Trends.

Meningkatkan Trafik Blog dengan Google Trends

cara meningkatkan trafik blog
Gambar: allbloggingtips

Google Trends merupakan layanan dari Google yang memungkinkan para blogger atau pun pengguna internet pada umumnya untuk melihat keyword apa saja yang sedang “hot” di Google. Bukan hanya pencarian secara global, namun juga pencarian lokal berdasarkan negara dan kota. Kita juga bisa mengerucutkan waktu pencariannya, contoh 7 hari terakhir. Dan masih banyak lagi fitur yang dapat dimanfaatkan dari Google Trends yang tujuan akhirnya apalagi kalau bukan meningkatkan trafik blog.

Cara meningkatkan trafik blog dengan Google Trends ini lebih merupakan jalan cepat untuk mendapatkan trafik atau kunjungan blog yang bersifat musiman. Karena keyword itu hanya mungkin saja tidak akan dicari di suatu hari nanti ketika fenomena itu sudah menghilang bersamaan dengan waktu. Bisa saja satu tulisan dari hasil riset di Google Trends ini hanya akan bertahan beberapa hari atau seminggu saja. Tapi memang ketika tepat pada momennya, pengunjung akan membanjiri blog kita.

Misalkan saja apa yang sedang terjadi di Google Trends Indonesia saat sekarang ini. Hanya ada dua keyword yang paling “hot” dalam waktu seminggu ini. Dari daftar 10 keyword teratas, Novi Amelia dengan beragam turunan keyword seperti Foto Novi Amelia, Novie Amelia, Foto Novie, Foto Amilia mengisi 9 dari 10 keyword yang ada. Dan hanya ada 1 keyword dengan topik lain, yakni tentang Nikita Mirzani.

Artinya, bila kita memposting konten di blog dengan keyword tersebut, maka kemungkinan besar blog kita akan langsung dibanjiri dengan pengunjung. Mungkin tidak perlu membuat konten yang bagus, asal membidik keyword tersebut bisa dipastikan akan meningkatkan trafik blog kita.

Mungkin tulisan tentang cara meningkatkan trafik blog dengan Google Trends lebih tepat bila dikatakan curhatan saya sebagai blogger yang tidak pandai menggunakan keyword tools di Google Adwords. Dan pembaca yang mungkin kebetulan membaca postingan ini, pastilah mempunyai cara lain untuk meningkatkan trafik blog. Atau ada juga menggunakan cara saya ini sebagai selingan di samping menulis menggunakan keyword utama.

Semoga sukses dengan cara apa pun itu, baik itu menggunakan Google Trends atau pun Google Adwords Keyword Tools untuk upaya meningkatkan trafik blog kita. Salam!

One thought on “Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Google Trends

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *