menyimpan dokumen word ke pdf

Cara menyimpan dokumen word ke pdf di Office 2013

Posted on

Setidaknya masih ada empat varian Microsoft Office yang dapat kita temui di sekitar kita, yaitu versi terbarunya yakni Office 2013, Office 2010, Office 2007, dan sudah jarang ditemui lagi adalah Office yang tampilannya masih sederhana dibanding tiga versi di atas yakni Office 2003. Setiap update versi pastilah ada pembaruan atau penambahan fitur yang tidak ditemukan di versi sebelumnya. Contoh mudah adalah di Office 2003 dan 2003, pengguna tidak dapat mengubah file type tulisannya menjadi PDF (Portable Document File) yang sudah dapat dirasakan secara langsung di versi 2010 dan 2013. Meskipun pada dasarnya pada Office 2007 menyediakan addon gratis yang memungkinkan untuk menyimpan dokumen word ke pdf.

Lalu bagaimana cara menyimpan dokumen word ke pdf di Microsoft Office 2013? Untuk menyimpan atau pun convert dokumen ke pdf sangatlah mudah. Pada dasarnya langkahnya sama dengan yang ada di Microsoft Office 2010. Untuk memudahkan kalian yang ingin menyimpan atau convert dokumen ke pdf berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dipraktekkan.

1. Buka dokumen atau dokumen baru yang belum disimpan.
2. Kemudian klik Menu File yang terletak di pojok kiri atas.

menyimpan dokumen word ke pdf
3. Maka akan muncul jendela yang menutup dokumen, di sana terdapat barisan menu menurun. Pilihlah Export.

menyimpan dokumen word ke pdf 1
4. Ketika klik menu Export, maka akan muncul dua pilihan “Create PDF/XPS Document” dan juga “Change File Type”. So, tinggal pilih yang pertama saja dan tekan tombol “Create PDF/XPS”.

menyimpan dokumen word ke pdf
5. Maka akan muncul pop up jendela baru. Silahkan tentukan tempat penyimpanan, nama file, kemudian klik “Publish”. Di situ ada opsi “Open file after publishing” yang maksudnya file akan terbuka otomatis dalam bentuk pdf setelah disimpan.

menyimpan dokumen word ke pdf

Mudah bukan? Semoga langkah singkat tersebut dapat membantu kalian menyimpan dokumen word ke pdf atau bisa juga digunakan untuk convert dokumen word ke pdf. Sekaligus menambah tutorial tentang pdf lainnya seperti menghapus halaman di file pdf menggunakan software Adobe Acrobat.

Lalu apa kegunaan penyimpanan atau convert dokumen word ke pdf? Ada banyak alasan mengapa kita juga perlu untuk menyimpan dokumen kita ke pdf juga. Diantanya adalah:

  1. Menghindari font atau jenis tulisan tidak terbaca di komputer lain yang tidak meng-install font yang digunakan di komputer kita. Seumpama saja kita mengirim ke rekan kerja, mereka akan mendapati file kita yang kurang tertata karena perubahan jenis font yang sekaligus mengubah tampilannya.
  2. Menghindari masalah ketika file yang dibuat di Office 2010 dan 2013 ketika dibuka di komputer yang masih menggunakan Office 2007 atau pun 2003. Dalam beberapa kasus biasanya akan terjadi penumpukan kata-kata dalam satu kalimat, terutama yang tidak menggunakan bahasa Inggris.
  3. Alasan lain yang mungkin tidak berkaitan langsung dengan aplikasi ini seperti persyaratan yang mengharuskan mengirim dokumen dalam bentuk pdf dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *