evaluasi buku teks
Gambar: abhicom2001

Evaluasi Buku Teks Pelajaran Geografi

Posted on
evaluasi buku teks
Gambar: abhicom2001

Evaluasi Buku Teks Pelajaran Geografi – Buku menjadi bagian yang tak terpisahkan di dalam perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, bahkan menjadi penunjang utama keberhasilan siswa. Buku dapat menggantikan tugas–tugas yang seharusnya dilakukan oleh guru. Buku teks pelajaran sebagai salah satu sumber belajar diharapkan memiliki sejumlah persyaratan agar dapat digunakan secara efektif. Pemerintah menunjuk Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan yang bertanggung jawab mengembangkan instrumen penilaian buku yang baku untuk membedakan buku pelajaran yang baik dan kurang baik. Buku teks yang digunakan di Kota dan Kabupaten Magelang adalah hasil kesepakatan MGMP geografi di Magelang.

Saat ini guru geografi kelas X di Kota Magelang masih banyak menggunakan buku teks pelajaran geografi kurikulum terdahulu daripada buku teks hasil kesepakatan MGMP dengan alasan isi buku masih relevan dengan kurikulum terbaru. Pokok permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kualitas buku teks yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikaan sebagai sumber pembelajaran pada pelajaran geografi kelas X SMA Negeri di Kota Magelang berdasarkan instrumen penilaian BSNP? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan buku teks yang meliputi komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikaan pada pelajaran geografi kelas X SMA Negeri di Kota Magelang berdasarkan instrumen penilaian BSNP.

Evaluasi Buku Teks Pelajaran Geografi

Buku teks pelajaran geografi yang dimiliki sekolah untuk kelas X SMA Negeri di Kota Magelang sangat bervariasi, yaitu sebanyak 10 buku teks. Dari 10 buku tersebut, 3 buku teks pelajaran geografi yang paling banyak dimiliki SMA Negeri di Kota Magelang dan sesuai dengan kurikulum KTSP 2006 adalah buku A, B, dan buku C. Buku A merupakan kode buku dalam skripsi ini untuk buku karya Marah Uli yang berjudul “Geografi untuk SMA dan MA kelas X”. Buku A diterbitkan oleh penerbit Esis pada tahun 2007. Buku B merupakan kode buku dalam skripsi ini untuk buku karya Eni Anjayani dan Tri haryanto yang berjudul “Geografi untuk kelas X SMA/MA”. Buku B diterbitkan oleh Pusbuk pada tahun 2009. Buku C adalah kode buku dalam skripsi Yusman hestiyanto yang berjudul “Geografi SMA kelas X“. Buku C diterbitkan oleh penerbit Yudhistira pada tahun 2006.

Ketiga buku tersebut menjadi buku yang dievaluasi dalam penelitian ini. Komponen buku teks pelajaran yang menjadi fokus penilaian dalam penelitian ini yaitu: (1) komponen kelayakan isi, (2) komponen kebahasaan, (3) komponen penyajian, dan (4) komponen kegrafikaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku teks pelajaran yang baik dan sesuai dengan penilaian kelayakan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Lembar penilaian disiapkan untuk diisi oleh peneliti untuk penilaian komponen-komponen tersebut. Penilaian ini dilakukan melalui rancangan deskriptif dengan menggunakan Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Geografi SMA/MA dari BSNP.

Pada penilaian tahap I buku dinilai dengan menggunakan instrumen pertama yang memfokuskan pada kesesuaian SK dan KD, kelayakan penyajian, dan kesesuaian kegrafikaan. Buku dinilai kembali secara komprehensif dan mendalam pada ketiga komponen buku yang dinilai (kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan) pada penilaian tahap II. Pada penilaian tahap II ini diperoleh hasil buku A memiliki kriteria sesuai untuk komponen kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dengan persentase kesesuaian masing-masing 74,36% , 75% dan 78,33%. Buku A mendapat kriteria sangat sesuai kegrafikaan dengan persentase 88,43%. Buku B memiliki kriteria sangat sesuai untuk seluruh komponen penilaian dengan persentase kesesuaian masing-masing 91,86% untuk komponen kelayakan isi, 98,46% untuk komponen kebahasaan, 92,42% untuk komponen penyajian, dan 89,59% untuk komponen kegrafikaan. Kriteria sesuai dimiliki buku C untuk komponen kelayakan isi dan komponen penyajian dengan persentase kesesuaian masing-masing 80,63% dan 76,67%. Buku C memiliki kriteria sangat sesuai untuk komponen kebahasaan dan komponen kegrafikaan dengan persentase kesesuaian masing-masing 90,63% dan 95,86%.

Simpulan dari penelitian ini adalah diketahui bahwa buku A memiliki kriteria sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 79,17%. Buku B mendapat kriteria sangat sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 94,13%. Buku C mendapat kriteria sangat sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 89,321%.

Saran yang dikemukakan adalah agar buku B digunakan sebagai sumber pembelajaran yang utama bagi siswa siswa kelas X di Kota Magelang. Guru dan sekolah juga hendaknya lebih selektif dalam memilih buku sebagai sumber pembelajaran siswa.

==

Judul Asli: Evaluasi Buku Teks Pelajaran Geografi Sebagai Sumber Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Di Kota Magelang

Penulis: Reza Maulana – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

3 thoughts on “Evaluasi Buku Teks Pelajaran Geografi

    1. ya, seringkali kita melihat buku yang dijual di toko buku besar belum tentu sesuai dengan kurikulum. banyak yang hanya mengganti cover dan tulisan luar aja, tanpa ada perbaikan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *