fakta unik tentang bahasa inggris

Fakta unik tentang Bahasa Inggris (bagian 2)

Posted on

Fakta unik tentang Bahasa Inggris bagiak kedua ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya, yakni Fakta unik tentang Bahasa Inggris yang saya posting minggu lalu. Dalam postingan kali ini, ada sedikit tambahan fakta unik yang minggu kemarin belum sempat saya terjemahkan ke dalam Bahasa kebanggaan kita, Bahasa Indonesia. Saya tidak mau asal copy-paste dari blog Indonesia yang menampilkan judul yang sama. Meskipun beberapa isinya sama, setidaknya yang saya posting di sini ada jerih payah saya sendiri gitu. He.

fakta unik tentang bahasa inggrisTerus apa saja sih yang ada di bagian kedua ini? Mau tahu donk. Ok, langsung saja silahkan bisa disimak satu per satu. Dan di akhir pasti kalian akan merasa “oh iya ya” setelah membaca. Langsung saja, cekibrot.

  1. Kata “Stewardesses” merupakan kata Bahasa Inggris terpanjang yang dapat diketikkan menggunakan tangan kiri saja.
  2. Beberapa kata hanya ada dalam bentuk jamak saja, seperti: glasses (spectacles), binoculars, scissors, shears, tongs, gallows, trousers, jeans, pants, pyjamas, (catatan untuk kata-kata yang merupakan jenis pakaian yang terkadang dapat menjadi kata tunggal (singular) ketika kita menggunakannya sebagai modifier, seperti dalam kata “trouser pocket”).
  3. Kalimat lengkap yang terpendek dalam Bahasa Inggris adalah “I am.”
  4. Kata “Checkmate” dalam permainan catur berasal dari frase Bahasa Persia “Shash Mat” yang berarti “raja tidak dapat dibantu lagi”.
  5. Kita mengucapkan kombinasi “ough” dalam 9 cara yang berbeda, seperti dalam kalimat berikut ini yang terdapat seluruh cara pengucapannya: “A rough-coated, dough-faced, thoughtful ploughman strode through the streets of Scarborough; after falling into a slough, he coughed and hiccoughed.”
  6. Kata Bahasa Inggris terpanjang tanpa huruf hidup asli (a, e, i, o atau pun u) adalah “rhythm”.
  7. Satu-satunya planet yang tidak dinamakan setelah nama dewa adalah planet kira, Bumi (Earth). Yang lainnya secara berurutan; Sun, Mercury, Venus, [Earth], Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, dan Neptune.
  8. Hanya ada empat kata dalam Bahasa Inggris yang digunakan secara umum yang berakhiran ‘-dous’; hazardous, horrendous, stupendous, dan tremendous.
  9. Kita dapat menemukan 10 kata dari 7 huruf dalam kata “therein” tanpa mengacak ulang susunan hurufnya: the, there, he, in, rein, her, here, ere, therein, herein.
  10. Kalimat berikut ini terdiri dari 7 kata yang sama secara berurutan dan masih tetap masuk akal. “It is true for all that that that that that that that refers to is not the same that that that that refers to.” (= It is true for all that, that that “that” which that “that” refers to is not the same “that” which that “that” refers to.)
  11. Nama “Keybord QWERTY” berasal dari urutan 6 tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y. Pada awal mula mesin ketik, tombol-tombolnya disusun sedemikian rupa untuk meminimalisasi kesalahan dalam pengetikan.

Sampai jumpa di fakta unik lainnya yang mungkin lebih menarik dari pada postingan fakta unik tentang bahasa inggris kali ini.

4 thoughts on “Fakta unik tentang Bahasa Inggris (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *