Free hosting dengan cPanel

Posted on

Free hosting dengan cPanel memang sangat diburu, itu setidaknya yang menjadi gambaran di salah satu thread di kaskus. Dua bulan lalu, sekira pertengahan Januari sebetulnya saya sudah mem-publish situs ini dengan menggunakan domain gratis dari co.cc. Kemudian setelah mengetahui bahwa domain tersebut tidak dapat terindeks oleh google, maka saya berpikir untuk membeli domain sendiri. Selain masih menggunakan domain co.cc, saya sebelumnya juga menggunakan free hosting dari 000webhost yang kadang sangat terasa lemot; memang sih dapat disk space yang sangat lumayan.

Setelah membaca salah satu thread di kaskus tentang free hosting dengan cPanel, maka semakin kuat keinginan untuk membeli domain sendiri. Karena memang hampir semua hosting meminta untuk menggunakan domain sendiri. Dari beberapa rekomendasi para kaskuser, akhirnya saya mendapatkan sekira 4 free hosting; dracula hosting, cyber-offshore, sharkserve, dan id-hostinger. Khusus yang terakhir ini, ternyata bukan cPanel, hanya panel yang sebenarnya adalah turunan dari 000webhost.

Dari tiga nominasi free hosting dengan cPanel, akhirnya saya lebih memilih untuk menggunakan layanan dari cyber-offshore. Dracula hosting sendiri sebenarnya memberikan disk-space yang lumayan yakni 100mb dengan menggunakan server IIX; dari semuanya hosting inilah yang saya dapatkan terlebih dahulu. Kemudian salah seorang kaskuser memberikan rekomendasi lainnya, yakni cyber-offshore. Hosting ini memberikan 200mb free disk-space namun menggunakan server US, selain itu mereka juga mensyaratkan pengguna untuk meng-update postingan minimal satu kali dalam satu minggu dan juga beberapa larangan penggunaan beberapa plugin di wordpress. Akhirnya saya lebih memilih cyber-offshore ini. Setelah membeli domain dan menggunakan free hosting ini, ada lagi kaskuser yang merekomendasikan free hosting dari sharkserve yang memang memberikan disk-space dan bandwith yang wah, namun setelah saya coba gunakan menggunakan domain .tk ternyata sharkserve menambahkan iklan mereka di site kita, dan untuk menghilangkannya kita harus menggunakan pro. Jadi, saya mantap untuk menggunakan hosting dari cyber-offshore saja.

free hosting dengan cPanel

Karena hosting ini dalam tahap pengembangan, di awal-awal penggunaan saya dua kali mengalami error karena hosting down. Tapi tidak terlalu lama memang, kemudian saya menghubungi salah satu contact yang menjelaskan hal tersebut. Dari obrolan tersebut, saya mendapatkan kabar bahwa free hosting dengan cPanel ini akan berakhir sekira akhir tahun ini, namun bisa saja diperpanjang jika memang bermanfaat. Minggu kemarin, saya mengalami masalah dengan hosting (namun site berjalan normal) saya menghubungi contact mereka lagi, kemudian obrolan berlanjut tentang konten situs ini, meraka bilang kalau memang bermanfaat, mereka akan review situs ini dan ada kemungkinan untuk memberikan lagi free hosting/hosting gratis dengan cPanel ini di tahun berikutnya. Bahkan , ada kemungkinan untuk menambah disk-space nya.

Itu pengalaman saya menggunakan free hosting dengan cPanel dari cyber-offshore. Secara garis besar, saya cukup puas dengan performa dari server ini. Situs saya terasa kenceng setelah saya menggunakan plugin cache dari W3TC yang digabungkan dengan WP-Minify, serta menambahkan CDN dari Cloudflare.

Bagi yang ingin menggunakan atau sedang bingung mencari free hosting dengan cPanel, silahkan bisa coba server ini. Sampai saya publish postingan ini, layanan free hosting dengan cPanel nya masih ada. Silahkan bisa langsung apply di sana. Cyber-offshore.us.

Akhirnya, saya ucapkan terimakasih kepada Cyber-Offshore atas layanan free hosting dengan cPanel yang diberikan demi kemajuan IT di Indonesia.

Salam.

7 thoughts on “Free hosting dengan cPanel

  1. Pengalaman yang hampir sama dengan saya gan, tapi saya pake layanan 000webhost sam host1free tapi saya belum coba cyber-offshore. Thanks for the info..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *