hasil quick count pilgub jakarta
Gambar: Padang Express

Hasil Quick Count Pilgub Jakarta

Posted on

HASIL Quick Count Pilgub Jakarta – Keriuhan siang hingga sore tadi terjadi di kantong-kantong dukungan masing-masing calon dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, terutama di tempat dukungan pasangan Jokowi-Ahok. Pasangan ini akhirnya secara perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei dinyatakan memenangi pertarungan gubernur ibu kota. Pasangan yang khas dengan baju kotak-kotak ini berhasil mengalahkan pasangan incumbent Foke-Nara.

Sedikit keluar dari bahasan tentang hasil quick count pilgub Jakarta ini, saya ingin mengajak pembaca semua (mungkin juga diantara pembaca tercinta sudah ada yang baca) untuk mengingat postingan saya sebelumnya, yang nampang juga di halaman Vivalog, yang menjelaskan tentang bagaimana sih cara kerja dari sistem perhitungan cepat atau quick count hingga dalam waktu sekejap kita dapat mengetahui hasil pemilukada. Untuk yang belum tahu dan ingin mengetahuinya, silahkan dapat baca tulisan saya yang berjudul “Menilik Sistem Perhitungan Cepat Pilkada“; buat yang sudah tahu bisa lanjut baca postingan ini deh.

Setidaknya ada enam lembaga survei dengan bekerjasama dengan pihak stasiun televisi yang menayangkan proses detik demi detik perhitungan suara dari sampel yang dikirimkan oleh para relawannya. Mungkin tidak hanya enam lembaga survei dan stasiun televisi itu saja yang juga menjalankan proses perhitungan cepat atau quick count pada pesta demokrasi di DKI Jakarta ini. Berikut ini adalah keenam lembaga survei dan stasiun televisi yang melakukan quick count tadi sebagaimana ditulis dalam laman detik.com

hasil quick count pilgub jakarta
Gambar: Padang Express

Hasil Quick Count Pilgub Jakarta

  1. Quick Count LSI-TV One: Jokowi-Ahok 53,68%, Foke-Nara 46,32%.
  2. Indo Barometer-Metro TV: Jokowi-Ahok 54,11%, Foke-Nara 45,89%.
  3. LSI-SCTV: Jokowi-Ahok 53,81 persen, Foke-Nara 46,19 persen.
  4. Kompas: Jokowi-Ahok 52,97 %, Foke-Nara 47,03%
  5. INES: Jokowi-Ahok 57,39%, Foke-Nara 42,61%
  6. MNC Media-SMRC: Jokowi-Ahok 52,63, Foke-Nara 47,37 persen.

Selain itu, masing-masing tim dari kedua calon juga mengerahkan relawannya untuk melakukan perhitungan cepatnya. Dengan cara ini, masyarakat dan sekaligus pasangan calon dapat dengan segera mengetahui hasil cepatnya tanpa harus menunggu terlalu lama proses pernghitungan resmi dari KPU Daerah.

Dengan hasil Quick Count Pilgub Jakarta ini kita (meskipun bukan warga DKI Jakarta) dapat berharap pada pasangan calon yang kalah dapat menghimbau pendukungnya untuk tidak berbuat anarkis, menjelaskan bahasa meski belum merupakan hasil resmi dari KPUD namun hasil ini dapat dipertanggungjawabkan, dan juga pasanga ini juga dapat mendukung pasangan yang menang untuk bekerja menciptakan Jakarta yang lebih bermartabat dan layak untuk masyarakat Jakarta ataupun urban. Pada pasangan yang menang, semoga dapat segera menyusun program kerja yang besar harapan dapat menciptakan Jakarta baru, bebas banjir dan bebas macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *