Hasil Sidang Isbat Awal 1 Syawal 1433 H

Posted on
hasil sidang isbat awal 1 syawal 1433 h
Foto: JLBI

Hasil Sidang Isbat Awal 1 Syawal 1433 H – Kurang dari 20 menit sidang yang digelar di Kementerian Agama RI, Jakarta, telah ditutup oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Suryadharma Ali, dengan keputusan bulat bahwa 1 Syawal 1433 jatuh pada hari Ahad 19 Agustus 2012.

Tidak seperti sidang Isbat yang digelar pada bulan Juli lalu untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1433 H yang berjalan lama karena harus memberi kesempatan untuk masing-masing organisasi kemasayarakat Islam menyampaikan pandangan dan pendapat mereka mengenai laporan yang disampaikan oleh tim rukyat kementerian agama. Kali ini setelah laporan disampaikan kemudian dilanjutkan oleh Menteri Agama yang menanyakan apakah setuju dengan laporan tersebut. Semua peserta sidang dengan serempat menyampaikan keseragaman pendapat itu dan sepakat serta yakin hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 H jatuh pada hari Ahad 19 Agustus 2012.

Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama kali ini juga tidak dihadiri oleh perwakilan dari Organisasi Kemasyarakatan Muhammadiyah; sama seperti penentuan awal Ramadhan yang digelar pada 19 Juli lalu. PP Muhammadiyah telah menentukan awal 1 Syawal 1433 H sedari awal mereka menentukan awal bulan Ramadhan. Hal itu karena mereka menggunakan perhitungan bulan (Hisab) dengan metode wujudul hilal atau nampaknya hilal. Baca “Perbedaan Penentuan Awal Bulan Ramadhan 1433 H” selengkapnya.

Di negara-negara di kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Iran, Qatar, dll, juga telah menentukan bahwa 1 Syawal 1433 H jatuh pada hari Ahad 19 Agustus 2012. Dan di belahan bumi lainnya kemungkinan besar akan serentak mengawali Idul Fitri 1 Syawal 1433 pada tanggal yang seragam. Alhamdulillah ini merupakan rahmatal lil alamin.

Hasil Sidang Isbat Awal 1 Syawal 1433 H

Rasa syukur pun patut diucapkan oleh seluruh umat muslim di Indonesia yang mana mengalami perbedaan awal Ramadhan tahun ini akhirnya dapat dipersatukan atas kuasa Allah SWT dapat merayakan kemenangan puasa selama satu bulan ini secara bersama-sama. Ungkapan itu pun tidak luput diucapkan oleh Suryadharma Ali dalam penutupan sidang isbat beberapa waktu yang lalu.

Kumandang takbir, tahmid dan tahlil akan segera memecahkan keheningan malam di seluruh penjuru negeri ini dan segera disusul di seluruh penjuru dunia. Semoga amalan puasa dan amalan sunah lainnya yang telah disempurnakan dengan zakat fitrah dan/atau zakat lainnya dapat secara pantas menjadi milik Allah SWT. Dan akhir tulisan ini, ijinkan saya untuk mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H, Taqaballahu Minna Wa Minkum, Shiyamana Wa Shiyamikum, Taqabbal Ya Karim. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.”

Shiningallspark – Hasil Sidang Isbat Awal 1 Syawal 1433 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *