hasil verifikasi administrasi parpol
Gambar: Parpol PEMILU

Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Pemilu 2014

Posted on
hasil verifikasi administrasi parpol
Gambar: Parpol PEMILU

Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Pemilu 2014 – Hari ini, Minggu 28 Oktober, yang bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke 84 KPU mengumumkan hasil verifikasi administrasi parpol tahap ii. Partai politik yang lolos nantinya berhak menjadi peserta dalam pesta demokrasi rakyat, PEMILU 2014.

Pengumuman penetapan parpol yang lolos verifikasi administrasi tahap ii ini mengalami kemoloran. Bila sesuai agenda yang telah dirancang, seharunya hasil telah diumumkan pada hari Kamis, 25 Oktober 2012. Ketua KPU, Husni Kamil, menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan karena terdapat perubahan Peraturan KPU No. 8 Tahun 2012 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Perubahannya menjadi faktual keanggotaan untuk membuktikan keberadaan parpol di tingkat kabupaten/kota,” kata Husni di Gedung KPU, Jakarta. Berdasarkan pertimbangan putusan MK, menurutnya, verifikasi parpol harus disusun ulang dengan tidak merubah jadwal pemungutan suara. (sumber: vivanews)

Hasil Verifikasi Administrasi Parpol Pemilu 2014

Dari 34 partai politik yang dilakukan verifikasi tahap kedua ini, hanya 16 partai lolos verifikasi. Sisanya 18 partai politik dinyatakan tidak lolos verifikasi administrasi dari KPU. Umumnya partai-partai besar peserta pemilu sebelumnya lolos, dan hanya beberapa partai politik baru yang lolos.

Berikut ini adalah daftar 16 parpol yang lolos verifikasi administrasi tahap ii dari KPU

  1. Partai Nasional Demokrat (NasDem)
  2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  3. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  4. Partai Bulan Bintang (PBB)
  5. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  6. Partai Amanat Nasional (PAN)
  7. Partai Golongan Karya (Golkar)
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  10. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
  11. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
  12. Partai Demokrat
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  14. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB)
  15. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
  16. Partai Persatuan Nasional (PPN)

Namun ada juga partai politik yang pada tahun 2009 menjadi peserta pemilu ternyata tidak lolol verifikasi administasi tahap ii ini, seperti PKNU dan Partai Damai Sejahtera. Partai SRI yang terlihat banyak pendukungnya juga dinyatakan tidak lolos dari KPU. Dengan hasil verifikasi administrasi parpol ini berarti rakyat Indonesia tidak akan menemukan jumlah partai politik sebanyak pada Pemilu 2009.

Ada satu pertanyaan dari saya pribadi. Masih penting dan berarti kah dengan banyaknya partai politik peserta pemilu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *