manajemen

Hubungan Manajemen dan Manajer di Organisasi

Posted on

Setelah mengetahui tentang pengertian Perilaku Organisasi, kemudian yang perlu dipahami oleh para anggota organisasi adalah hubungan antara Manajemen dan Manajer. Perlu dimengerti hubungan timbal-balik yang ada antara keduanya untuk bagaiman menjalankan sebuah organisasi dengan baik.

manajemen

Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan perilaku orang lain yang memungkinkan sebuah organisasi untuk menggunakan divisi pekerja dan hirarki otoritas untuk mencapai misi yang tidak dapat dicapai oleh upaya-upaya individu yang bekerja sendiri. Manajer berbeda dalam hal posisi dimana mereka berada dalam hirarki organisasi. Perbedaan tersebut mempengaruhi mereka dalam menggunakan keahliah konseptual, manusia, dan teknis serta membentuk peranan manajerial yang mereka isi. Kecepatan pekerjaan seorang manajer memungkinkan sedikit waktu yang tidak terganggu hanya untuk satu aktifitas.

Terdapat empat perspektif yang telah dikembangkan untuk menjelaskan dan meningkatkan praktek manajemen. Para pendukung perspektif manajemen ilmiah telah mencoba untuk meningkatkan efisiensi proses produksi guna meningkatkan keuntungan. Pendukung perspektif prinsip administratif telah memfokuskan pada peningkatan efisiensi prosedur administratif. Para peneliti dalam perspektif hubungan manusia telah menekankan pada pemeliharaan pertumbuhan dan kepuasan para anggota organisasi. Para ahli yang bekerja dalam perspektif sistem terbuka menggarisbawahi pentingnya menguasai lingkungan sekitar. Sedangkan menurut pendekatan kontingensi (kebetulan), keempat perspektif tersebut membentuk sebuah kerangka cara alternatif untuk memandang proses manajemen. Kerangka tersebut memberikan manajer berupa petunjuk yang bermanfaat ketika mereka mengelola perilaku organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *