pengambilan keputusan

Hubungan Persepsi, Pengambilan Keputusan dan Kreatifitas

Posted on

Tulisan ini akan membicarakan secara singkat hubungan antara persepsi, pengambilan keputusan dan kreatifitas yang terjadi dalam sebuah organisasi. Secara berurutan di sini akan membahas Tujuan Persepsi, Model Pengambilan Keputusan Rasional, Model Pengambilan Keputusan Administratif, serta Model Pengambilan Keputusan Kreatif.

Tujuan persepsi:

Lingkungan
Perhatian – sebagian besar informasi disaring sehingga sebagian informasi masuk dan sebagian lainnya tidak.
Organisasi – selanjutnya menyederhanakan dan mengelola data sensori yang masuk. Satu metode yang digunakan adalah dengan cara “menggumpalkan” beberapa potongan menjadi satu potongan.

  •  Skema merupakan susunan kognitif yang mana masing-masing kelompok berbeda dalam informasi persepsi non-nomerik dalam mode yang terorganisir.
  • Skrip merupakan skema yang mencakup serangkaian tindakan.
  • Prototipe merupakan skema yang memungkinkan kita untuk menggabungkan informasi tentang karakter orang (Stereotipe merupakan generalisasi kelompok orang yang sangat digunakan secara luas.

Ingatan – bias ketersediaan merupakan tendensi orang untuk menilai bahwa sesuatu akan terjadi secara mudah dengan yang mana mereka dapat berikan contoh dari pikiran mereka.

pengambilan keputusan

Model pengambilan keputusan rasional

Pilihan dibuat melalui proses pemanfaatan maksimal yang mana alternatif dengan hasil tertinggi yang diinginkan dipilih sebagai alternatif yang diinginkan.

  1.  Mengevaluasi Hasil – bias kehilangan keengganan menyatakan bahwa orang cenderung kurang suka dengan hasil yang pasti dibandingkan dengan yang berisiko.
  2.  Mengevaluasi Kemungkinan – bias tingkat dasar menyatakan bahwa orang cenderung mengabaikan informasi dasar dan merasa bahwa mereka berkaitan dengan sesuatu yang unik.
  3.  Memilih dan Menolak Alternatif – peningkatan komitmen merupakan sebuah proses yang mana orang menginvestasikan lebih pada tindakan untuk membenarkan keputusan mereka sebelumnya. Diskresi terikat berarti bahwa alternatif yang dihasilkan oleh pengambil kebijakan dibatasi oleh norma sosial, hukum dan moral.

Cara-cara mengurangi persoalan yang berkaitan dengan interpretasi menggunaan indera (perceptual problems):

  1. Meningkatkan frekuensi observasi, atau hasil peneliti atas observasinya.
  2.  Memperhatikan bagaimana dan kapan kita melakukan observasi – sampel acak.
  3. Lakukan berbagai observasi dari beberapa orang dan beberapa perspektif.
  4. Karena yang menjalankan observasi mempunyai kecenderungan untuk mengabaikan informasi yang tidak konsisten dengan keyakinan sekarang – carilah informasi yang tidak sesuai dengan, atau yang kontradiksi dengan, keyakinan sekarang.
  5. Pastikan akurasi prototipe dan skrip – waspadalah dengan apa yang dipegang.
  6. Tingkatkan observasi pada kelompok sosial lainnya dalam upaya untuk membantu peneliti mengembangkan prototipe yang lebih akurat.

Model Pengambilan Keputusan Administratif

Memberikan gambaran yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya dilakukan oleh manajer yang efektif (dibandingkan dengan apa yang seharusnya mereka lakukan) ketika rasionalitas yang keras tidaklah mungkin. Kepuasan berarti menentukan alternatif pertama yang nampak memenuhi level minimum untuk dapat diterima.

Proses Pengambilan Keputusan Kreatif

  1. Persiapan – orang kreatif membenarkan dirinya sendiri atas solusi pemasalahan yang ada.
  2. Inkubasi – masa yang mana nampak tidak memberikan satu upaya atas permasalahan.
  3. Wawasan – kilasan inspirasi
  4. Verifikasi Solusi – solusi diuji secara lebih kaku untuk menentukan kebermanfaatannya.

Acapkali dalam mengambil keputusan akan terjadi kesalahan, untuk itu perlu untuk memberikan pengambil keputusan dengan pedoman keputusan yang akan memaksanya untuk menanyakan seluruh pertanyaan yang benar, mendapatkan semua informasi, dan kemudian memproses informasi tersebut dengan jalan yang tepat. Hal tersebut untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam mengambil keputusan atau kebijakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *