ipad mini masih bergantung pada produk samsung
Gambar: Apple iPad Mini

iPad Mini Masih Bergantung pada Produk Samsung

Posted on

iPad Mini Masih Bergantung pada Produk Samsung – Meski kedua perusahaan gadget raksasa dari benua yang berbeda ini seringkali berselisih di pengadilan mengenai hak-hak paten mereka yang diklaim telah dilanggar oleh masing-masing pihak, namun faktanya mereka masih bergantung satu sama lain. Setidaknya hal tersebut terlihat produk baru yang dikeluarkan oleh Apple yakni iPad Mini dengan layar mini 7,9 inci. Baca spesifikasi dan harga iPad Mini di sini!

iPad Mini menandai debut Apple dalam bisnis tablet berukuran kecil. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini membanderol iPad Mini dengan harga terjangkau, agar dapat bersaing langsung dengan Asus Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire, dan Samsung Galaxy Tab 2 ukuran 7 inci.

ipad mini masih bergantung pada produk samsung
Gambar: Apple iPad Mini

Fakta bahwa iPad Mini masih bergantung pada produk Samsung ini dibongkar oleh sebuah perusahaan perbaikan perangkat mobile, iFixit. Perusahaan ini mempreteli perangkat iPad Mini dan hal mengejutkan terkuak bahwa dalam iPad Mini produksi awal ini masih memakai layar buatan perusahaan perangkat Mobile dari Korea Selatan ini, Samsung.

Dalam situs resmi milik iFixit disebutkan bahwa walaupun hanya sedikit informasi pada bagian belakang LCD, namun dengan jelas terlihat adanya chip driver milik Samsung di bagian tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa Apple masih bekerjasama dengan Samsung untuk memproduksi layar yang digunakan dalam produk mereka.

iPad Mini Masih Bergantung pada Produk Perusahaan Lain

Dikabarkan bahwa Apple sedang berusaha melepas ketergantungan pada komponen yang diproduksi Samsung dengan cara mengurangi permintaan untuk beberapa komponen. Selain masing menggunakan beberapa komponen dari produk peseterunya di pengadilan, Samsung, Apple juga masih menggunakan komponen-komponen dari perusahan lain.

Untuk komponen memori flash pada iPad Mini, Apple bekerjasama dengan SK Hynix, kontroler sentuhannya menggunakan Broadcom, dan sejumlah mikrochip dari Fairchild Semiconductor International. Beberapa produsen perangkat mobile asal Amerika Serikat, termasuk Apple, kebanyakan bekerjasama dengan perusahaan pemasok untuk membuat beberapa komponen dalam produknya. Selain Samsung, Apple juga bekerjasama dengan LG dan Sharp untuk membuat layar.

Mungkin langkah pengurangan komponen dari produk perusahaan pesaing untuk membentengi Apple agar leluasa untuk nantinya menggugat perusahaan yang melanggar hak paten dari Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *