Kepuasan Kerja

Posted on
kepuasan kerja
Gambar: google

Kepuasan Kerja – Pada umumnya kepuasan kerja didefinisikan sebagai sikap umum seorang individu terhadap pekerjaannya (Robbins, 2003). Oleh sebab itu secara komprehensif kepuasan kerja menurut Locke dalam Luthans (2001) merupakan suatu keadaan emosi yang menyenangkan atau bersifat positif, yang muncul atau dihasilkan dari penilaian terhadap suatu kerja atau pengalaman.

Gibson dkk. (1996) mendefinisikan kepuasan kerja adalah suatu sikap yang dimiliki individu mengenai pekerjaannya. Sehingga kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaan mereka, yang biasanya tampak dalam sikap positif para karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya.

Kepuasan kerja menurut Davis & Newstrom (1993) adalah perasaan menyenangkan atau tidak menyenangkan bagi pegawai dalam memandang pekerjaan mereka, dengan indikator rasa aman bekerja dalam kelompok, kepuasan terhadap atasan, kepuasan terhadap pekerjaan, kepuasan terhadap gaji yang diterima, kepuasan atas kemajuan yang dicapai dan kepuasan atas kesempatan untuk maju (promosi).

Kepuasan kerjaCuplikan dari artikel berjudul Analisis Gender Tentang Dimensi Stres Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Kerja (Studi Kritis Perilaku Dosen Wanita Pejabat Struktural PTS di Kota Malang) yang ditulis oleh Alifiulahtin Utaminingsih. Silahkan baca abstraknya di postingan sebelumnya dan juga tentang postingan tentang stres kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *