Kisah guru inspiratif yang patut digugu dan ditiru dari Filipina

Posted on

Kisah Guru Inspiratif dari FilipinaGuru yang oleh orang jawa disebut sebagai orang yang patutu digugu dan ditiru merupakan sesorang yang telah memberikan kita peluang untuk melihat kebenaran dunia. Tak jarang mereka juga merupakan tokoh inspiratif yang telah memberikan semangat diri untuk meraih kesuksesan. Dibalik kisah dimana mereka telah menjadi jembatan banyak orang menjadi sukses, ada kisah pilu yang oleh para guru alami. Seperti salah seorang guru wanita yang berasal dari Filipina ini.

Guru dari Filipina itu bernama Elizabeth Miranda. Wanita tangguh ini harus berjalan selama dua jam serta harus menyeberangi 5 (lima) sungai untuk dapat bertemu siswa-siswinya yang telah menunggu di sekolah. Dibalik perjuangan payahnya, dia tidak pernah kehilangan harapan bahwa perjuangannya akan memberikan manfaat bagi seluruh siswa-siswinya serta terus menyuarakan perubahan bagi masyarakatnya.

Guru inspiratif ini mengatakan bahwa tubuhnya telah terbiasa dengan aktifitas pulang-perginya. Dia hanya merasa sedikit kesusahan manakala hujan turun karena hal itu menyebabkan aliran air sungai semakin deras. Hal itu terus dilakukannya tanpa lelah, karena dia merupakan satu-satunya guru yang dapat mengajar anak-anak yang tinggal di Sitio Barogante di Mindoro Barat yang sangat terpencil.

Selain sungai-sungai kecil yang mana ia dapat sebrangi dengan berjalan kaki, dia juga menghadapi sungai yang dalam. Untuk menyeberangi sungai tersebut, dia harus dibantu oleh salbabida, atau seseorang yang menggunakan ban dalam mobil untuk menyeberangkan barang atau orang. Dia mengungkapkan bahwa dia merasa terbantu oleh penduduk lokal disitu yang memberikannya tumpangan gratis untuk menyeberangi sungai tersebut.

Sekolah dimana Miranda mengajar jauh berbeda dengan sekolah-sekolah yang ada di kota, tanpa AC, gadgets, atau pun televisi. Sekolahnya hanyalah gubuk kecil dengan papan setengah bangunan sehingga angin tetap bisa masuk. Siswa-siswi umumnya tidak membawa makanan ke sekolah. Namun begitu, mereka tetap merasa nyaman dan bahagia tetap bisa belajar di sekolah dengan satu-satunya guru yang ada di sana.

Meskipun semangatnya terus tumbuh, bukan berarti Miranda tidak pernah merasa putus asa. Putus asa apakah ia dapat melakukan sesuatu yang bisa berguna bagi masa depan anak-anak di daerah tersebut. Di saat itulah, Miranda menyibukkan diri dan terus menyemangati anak-anak. Senyum lebar mengembang ketika Miranda melihat siswa-siswinya mulai gandrung atau cinta dengan ilmu pengetahuan. Sehingga ia terus berpikir positif bahwa ia telah berhasil dan akan berhasil memberikan manfaat untuk masa depan mereka.

Miranda berharap pemerintah bisa turun tangan dengan menyediakan akses jalan yang lebih baik, serta ruang kelas dan fasilitas yang lebih memadai. Selain itu dia juga berharap muncul guru-guru inspiratif lain yang dapat membantunya mengajar di tempat tersebut atau pun sekolah-sekolah di pelosok lainnya.

Berikut ini adalah video kisah guru inspiratif dari Filipina, Elizabeth Miranda.

2 thoughts on “Kisah guru inspiratif yang patut digugu dan ditiru dari Filipina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *