berpikir keluar dari pakem

Konsep Berpikir Keluar dari Pakem Secara Positif

Posted on

berpikir keluar dari pakemBerpikir Keluar dari Pakem Secara Positif – Bagaimana bisa satu orang dapat “berpikir keluar dari pakem?” Ini haruslah dilakukan secara independen, namun bagaimana caranya? Berikut ini contohnya: bagi kue menjadi delapan bagian namun tidak boleh lebih dari tiga kali potongan. Kebanyakan orang akan mengalami kesusahan untuk menyelesaikan memotong kue menjadi tersebut. Namun untuk memecahkan persoalan ini, Anda harus mengubah cara Anda melihat dan memotongnya. Solusi paling sempurna adalah dengan memotong kue menjadi setengah dengan ukuran sama besar dan kemudian taruh setengah potongnya di atas bagian yang lain. Potong menjadi dua kembali dan kemudian letakkan kembali setengah bagian di atas bagian lainnya dan kemudian potong kembali. Seperti itulah namanya cara berpikir keluar dari pakem.

Berpikir Keluar dari Pakem

Berikut ini contoh lain dari cara berpikir keluar dari pakem: terdapat empat kata… subtract, multiply, add, decrease… Lalu mana yang bukan merupakan bagian dari kelompok tersebut? Kebanyakan orang akan dengan mudah mengatakan bahwa kata “decrease” bukan dari kelompok tersebut. Mengapa? Karena tiga kata lainnya adalah istilah matematika dan yang terakhir bukan. Ya, itu bukanlah cara berpikir keluar dari pakem, manakala Anda berpikir dengan cara keluar dari pakem, maka jawabannya adalah kata “add” karena kata ini hanya mempunyai tiga huruf sedangkan kata yang lain mempunyai enam huruf atau lebih. Anda dapat memberikan lebih banyak jawaban yang benar namun jawaban yang menunjukkan kreatifitas yang lebih baik.

Komponen yang berlaku dalam cara pikiran kita bekerja adalah menyelipkan beberapa perubahan-perubahan dari pengalaman dan proses yang lalu. Contoh bagus lainnya adalah ketika Anda ditanya tentang dua hari yang diawali dengan huruf “T”. Mungkin Anda akan menjawab Tuesday dan Thursday. Hai, terus bagaimana dengan Tomorrow dan Today? Itulah cara berpikir keluar dari pakem. Perusahaan mencoba untuk menguji satu buah produk dan yakin bahwa mereka akan mendapatkan satu rancangan dengan harga yang masuk akal. Mereka melihat hal-hal dalam bisnis dan berpikir bahwa tujuan-tujuan tersebut akan berhasil sebagaimana yang telah direncanakan. Namun hal-hal itu sudah terdengar monoton, karena mereka hanya berpikir menggunakan hal yang terjadi di masa lampau sebagai pola. Pola-pola tersebut sangat membantu karena dengan pola tersebut akan membantu menyelesaikan tugas-tugas seperti menyetir, makan atau minum. Namun, banyak pola serupa yang membuat orang susah untuk berpikir dengan cara keluar dari pakem dan menciptakan solusi-solusi alternatif terhadap satu buah dilema khususnya ketika ditantang dengan data-data yang tidak diharapkan.

Satu gerakan yang penting untuk keluar dari pola tersebut adalah dengan mencoba untuk membalik pola, rancangan atau solusi dan temukan perhatian yang baru. Ambil hal-hal tersebut apa adanya dan cobalah keluar masukkan, turun naikkan, atau cobalah putar-putarkan serta Anda akan terkejut dengan hasilnya. Itulah pengalaman personal dari Henry Ford. Rencana konvensionalnya hanyalah “mengajak orang untuk bekerja.” Kemudian dia mengubah semuanya menjadi: “menghadirkan pekerjaan untuk semua orang.” Rencana tersebut menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Cara lain untuk menghasilkan solusi-solusi lain terhadap semua permasalahan dan situasi sederhana adalah dengan tidak berpikir mengenai subjeknya. Manakala Anda ingin menghasilkan sesuatu yang lebih kreatif, jangan pikirkan bagian dari permasalahan itu sendiri, namun lebih pikirkan tentang orang atau subjek dalam kisaran dan kemudian gunakan formasi atau rancangan abstrak sebagai satu stimulus untuk satu rancangan baru.

Namun untuk dapat berpikir keluar dari pakem janganlah malu dengan fakta bahwa beberapa pemikiran Anda dapat terlihat benar-benar gila. Hal tersebut akan mencairkan ketegangan dalam berpikir dan menghasilkan satu cara untuk menyaring hal-hal yang bodoh dan irasional. Hal ini akan memberikan kesempatan untuk orang yang berpikir lebih leluasa untuk berpikir keluar dari pakem dan menemukan kembali hal-hal dengan cara yang belum pernah digunakan sebelumnya. Apa yang dapat Anda lakukan adalah membuat daftar beberapa pemikiran yang aneh dan tidak masuk akal tentang permasalahan tersebut.

Keluar dari pertanyaan akan menghilangkan tekanan yang Anda sedang alami dengan cara mencoba untuk “menghasilkan” kreatifitas. Ketika Anda membiarkannya, maka semua kekuatan semesta alam terbebas untuk mencari solusi dan solusi itu akan datang kepada Anda ketika Anda tidak begitu mengharapkannya.

Dalam kebanyakan skenario kehidupan nyata, Anda dapat berpikir keluar dari pakem untuk alasan fun semata. Anda dapat mempraktekkannya untuk hal-hal pemecahan masalah yang fun tanpa menyakiti siapa pun dengan mengatakan atau melakukan hal yang tidak diduga. Namun pastikan bahwa Anda melakukannya terlebih dahulu pada orang-orang yang sudah Anda kenal untuk menghindari konflik dan konfrontasi negatif. Katakanlah, seorang teman menanyakan tentang waktu, secara otomatis Anda akan melihat jam tangan Anda yang merupakan satu respon dari teori stimulus-respon. Berpikirlah dengan cara keluar dari pakem, mengapa Anda tidak mengatakan hal gila seperti, “Oh sekarang waktunya untuk balas dendam,” kemudian bergerak ke arah pintu. Lihatlah reaksi mereka ketika mereka menjadi benar-benar dalam kebingungan dan tidak sadar ketika Anda telah benar-benar mencampuradukkan semua yang ada dalam kepala mereka dan mengganggu pola pemikiran mereka. (Jangan lupa untuk meminta maaf setelah melakukan hal tersebut.)

Berpikir keluar dari pakem atau seringkali dikenal dengan istilah pemikiran kreatif mencoba untuk merancang susunan elemen baru dan benar-benar kreatif untuk meproduksi hasil karya seni. Menjadi seseorang yang berpikir keluar dari pakem dapat menjadi satu profesi yang bermanfaat. Ini bisa menjadi bahaya, namun dapat juga menjadi salah satu kekuatan Anda. Manakala semua orang berbelok ke arah kanan, maka Anda ambil arah yang berbeda.

Ingat bahwa Anda dapat menjadi pintar dengan cara Anda sendiri. Pikiran-pikiran Anda yang mendalam dan benar-benar pemikiran yang berbeda tersebut cukup cerdas untuk membuat satu perbedaan nantinya. Menjadi kreatif dan keluar dari pakem itu terlihat liar kadangkala, namun dapat membuat Anda menggerakkan Anda kearah perkembangan dan pengembangan diri. Anda akan terkejut akan betapa mudahnya dan secara berbeda ini akan menjadi kesempatan Anda untuk memperbaiki dan mencoba untuk memecahkannya dari kebiasaan mencoba-dan-benar. Biarkan pemikiran Anda keluar dari pakem lama menjadi pedoman pendekatan yang lebih baru dan lebih baik, serta mengagumkan untuk kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *