Kumpulan Aplikasi UNBK SMP-MTs 2017

Posted on

Ujian Nasional tingkat SMP bakal di gelar kemungkinan pada akhir April atau awal Mei nanti. Ini melihat bahwa UN SMK bakal dimulai awal April kemudian disusul dengan SMA di minggu depannya.

Ujian Nasional 2017 kemungkinan besar bakal digelar hanya menggunakan sistem berbasis komputer. Meskipun sekolah masih diperbolehkan untuk menggunakan kertas. Namun mereka harus mengunduh sendiri soal UN pada pagi hari sebelum dilaksanakan UN kemudian mereka juga harus memperbanyak sendiri.

Alhasil, kemungkinan besar akan banyak SMP atau MTs yang bakal menginduk ke SMK terdekat bilamana mereka tidak mempunyai perangkat komputer untuk digunakan dalam UNBK 2017 tingkat SMP/MTs.

Bila dirasa kurang dalam latihan UN menggunakan perangkat komputer, siswa SMP atau MTs dapat dibiasakan menggunakan aplikasi Android untuk UNBK. Berikut ini adalah kumpulan aplikasi UNBK SMP-MTs 2017.

  1. Soal UN SMP 2017 (UNBK) – Unduh di sini!
  2. Simulasi UN SMP 2017 UNBK – Unduh di sini!
  3. Master Genius UN SMP/MTs 2017 – Unduh di sini!
  4. Tryout UN SMP – Unduh di sini!
  5. Tryout UN SMP 2017 – Unduh di sini!

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Dalam rangka meningkatkan kualitas UNBK Tahun 2017, Puspendik melibatkan PTN untuk mendukung secara teknis. Sebagai langkah awalnya telah dilaksanakan FGD yang melibatkan 5 (lima) PTN yaitu: ITB, ITS, UI, UGM, dan UNBRAW bertempat di Gedung Puspendik Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *