masjid sekayu semarang

Masjid Taqwa Sekayu Semarang yang Bersejarah

Posted on

Semarang menyimpan banyak bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi bukti awal penyebaran Islam di Jawa Tengah, yang memang menurut sejarah diawali dari pesisir utara. Terutama kota Semarang yang notabene merupakan salah satu kota niaga di Jawa, barang tentu disinggahi oleh banyak pendatang.

Salah satu bukti dari bangunan bersejarah di Semarang antara lain masjid kuno yang terletak di kampung Sekayu. Masjid ini bernama Masjid Taqwa Sekayu. Masjid Taqwa Sekayu merupakan salah satu masjid tertua di Kota Semarang. Diperkirakan masjid ini telah mencapai usia 565 tahun atau berdiri pada tahun 1438 Masehi. Menurut sejarah, Masjid di Sekayu ini didirikan oleh Kyai Kamal seorang ulama berasal dari Cirebon.

masjid sekayu semarangKeunikan dari masjid ini berupa empat saka guru/tiang utama dengan ukuran 30×30 cm masih berada di tengah bangunan induk. Kemudian pada atapnya tersusun mahkota pada puncaknya, hampir sama dengan Masjid Demak. Sedangkan material utama bangunan berupa kayu jati didatangkan langsung dari Cirebon. Dahulu dinding masjid dibuat dari gebyok kayu jati. Namun pada waktu renovasi dan perluasan masjid dindingnya sudah diganti dengan tembok bata tapi tak meninggalkan bentuk aslinya.

Mungkin karena aura sejarah dan keunikan dari masjid ini, banyak sekali wisatawan yang penasaran mengunjungi Masjid Taqwa Sekayu untuk sholat dan i’tikaf. Lokasi Masjid Taqwa Sekayu ada di Kampung Sekayu dekat dengan pusat Kota Semarang, mudah dicari dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi.

Bila pembaca ingin mempelajari sejarah Masjid Taqwa ini lebih dekat, cobalah ketika berada di Semarang untuk mengunjunginya. Pengunjung dapat datang ke sana mulai dari pukul 4.00 pagi dan tutup pada pukul 21.00 malam. Di sini pengunjung tidak dikenai tiket, hanya saja disediakan kotak infak secara sukarela. Sama laiknya bila pengunjung jalan-jalan di Semarang, pengunjung dapat membeli oleh-oleh berupa bandeng presto, wingko babat, dll.

Bagi Anda yang ingin datang ke Masjid Taqwa Sekayu Semarang ini ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Karena lokasi masjid Sekayu agak masuk ke dalam perkampungan, jangan sungkan untuk bertanya pada penduduk setempat lokasinya.
  2. Sempatkan sholat dan memanjatkan doa di masjid ini.
  3. Berpakaian yang sopan, menutup aurat, dan bersikap santun selama mengunjungi masjid ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *