Memanfaatkan Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Posted on
memanfaatkan podcast untuk belajar bahasa inggris
Gambar: Podcast

Memanfaatkan podcast untuk belajar Bahasa Inggris merupakan salah satu cara pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dalam hal mobile learning atau m-learning. Sebagaimana telah kita sadari semua bahwasanya intenet telah mengubah dunia. Sekarang kita tinggal di sebuah masyarakat global yang secara instant dapat terhubung satu sama lain. Selagi kita terhubung dengan koneksi internet melalui computer, kita dapat mendapatkan kabar tentang seluruh kegiatan yang baru saja terjadi di belahan dunia manapun. Contohlah kabar sedih tentang meninggalnya King of Pop, Michael Jackson. Dalam hitungan detik, jutaan orang di seluruh dunia mengetahui apa yang baru saja terjadi: The King of Pop had died.

Memanfaatkan podcast untuk belajar bahasa inggris

Tentu tidak semuanya soal berita sedih. Internet dapat menjadi media yang sangat bermanfaat untuk membantu kita dalam mempelajari Bahasa Inggris, dan banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris secara online. Kita dapat membaca blog, seperti halnya denan blog ini. Orang melakukan posting blog kapanpun, tentang banyak topik. Jika kita mau, kita dapat menulis blog tentang hidup kita sendiri. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan situs-situs jejaring social semacam Facebook dan Myspace untuk mencari teman dan chatting dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Kita dapat memanfaatkan jejaring social Twitter, untuk terus update dengan topik perbincangan yang terhangat, follow orang-orang yang menarik, tweet tentang diri kita dan juga membaca tweet orang lain. Kita juga dapat memanfaatkan Youtube untuk melihat video di hampir semua topik Bahasa Inggris, atau dapat pula kita mengunggah video kita sendiri supaya dapat dilihat oleh orang lain.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa podcast merupakan salah satu cara yang terbaik dalam memanfaatkan internet untuk meningkatkan Bahasa Inggris kita. Banyak sekali podcast yang dapat dicari di internet dan hampir semuanya gratis. Namun, dari semua itu mana-mana yang lebih baik, dan yang lebih penting apa sih sebetulnya podcast itu?

Apa sih sebenarnya Podcast itu?

Podcast merupakan sebuah file audio yang dapat kita unduh dari internet dan menyimpannya di komputer kita atau dimainkan di mp3 player. Podcast secara rutin akan di-update oleh orang yang membuat podcast tersebut. Ini berarti bahwa jika kita berlangganan satu podcast di internet, maka secara otomatis komputer kita akan mengunduh setiap episode baru telah diunggah ke internet. Podcast agak sedikit mirip dengan show di radio, namun kita dapat menentukan kapan dan dimana kita ingin mendengarkannya.

Apa sih nilai baiknya dari podcast itu?

Manakala kita mempunyai pemutar mp3, kita dapat mendengarkan podcast yang telah diunduh dimana saja, dan diputar berkali-kali sebanyak yang kita suka. Contohnya, kita dapat mendengarkan satu podcast selagi dalam perjalanan ke tempat kerja dengan naik bus, atau kita dapat mendengarkannya selagi berolahraga di tempat senam. Kita juga dapat mendengarkannya di taman, di dalam mobil, di tempat tidur, di kamar mandi, di dalam toilet, atau di pesawat terbang – dimana pun tempat yang kita ingin mendengarkannya! Terdapat ribuan podcast di internet, dan semua jenis topik tersedia. Sehingga kita dimanjakan dengan banyak pilihan! Dan juga, 99% dari podcast yang ada di internet itu benar-benar gratis!

Jenis podcast apa sih yang tersedia untuk diunduh?

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa kita dapat menemukan banyak podcast dengan beragam topik yang dapat dipilih. Diantara topik-topik itu adalah film, berita, bisnis, keuangan, olahraga, komedi, kuliner, politik, hokum, dan tentunya – belajar Bahasa Inggris.

Terdapat banyak podcast belajar Bahasa Inggris yang tersedia. Kita dapat mengunduh secara gratis podcast di Luke’s Eglish Podcast yang mana selalu update dan sudah ribuan orang di seluruh penjuru dunia mendengarkan podcast ini setiap minggunya. Untuk dapat mengunduh podcastnya silahkan klik di sini!

BBC juga menyediakan banyak podcast, degan beragam topik juga tentunya. Kita dapat melihat situs podcast-nya dengan klik di sini.

Bagaimana sih cara mendengarkan atau mengunduh podcast?

Ada tiga cara bagaimana untuk mendengarkan podcast:

  1. Dengarkan setiap episode di situs yang menyediakan podcast. Contoh, di situs http://teacherluke.podomatic.com/ , kita dapat melihat satu tombol ‘play’. Klik tombol tersebut dan dengarkan podcast secara langsung di situs tersebut.
  2. Unduh podcast dan simpan di komputer kita, kemudian putar menggunakan pemutar mp3. Di situs yang menyediakan podcast, kita akan menemukan satu link ‘download’. Tinggal klik saja link tersebut dan podcast akan diunduh dan disimpan ke komputer kita. Kadangkala kita harus melakukan klik kanan pada mouse komputer untuk memilih tombol download, pilihlah ‘Save Target As’ untuk dapat mengunduh podcast tersebut. Kemudian kita dapat menggunakan pemutar mp3 untuk mendengarkan podcast tersebut di komputer kita kapan pun juga. Kita juga dapat mentransfer ke pemutar mp3, iPod, android atau handphone kita. Sehingga kita dapat mendengarkannya dimana pun kita berada.
  3.  Gunakan iTunes. Aplikasi perangkat lunak di komputer yang dapat memutar dan mengorganisir musik anda. Kita juga dapat menggunakannya untuk terhubung ke internet dan berlangganan podcast. Gunakan iTunes store (kita harus mempunyai akun) untuk mencari podcast sesuai topic yang kita inginkan (contohnya, learn English). Ketika kita mendapatkan satu podcast yang kita ingin dengar, kita dapat menekan tombol ‘subscribe’ dan iTunes akan secara otomatis mengunduh setiap episode baru dari podcast tersebut. Ketika kita menyalakan komputer, bukalah program iTunes dan sambungkan ke internet. Apa pun podcast baru yang telah kita berlangganan sebelumnya akan diunduh. Kemudian sambungkan ke iPod atau iPhone dan transfer podcast yang tadi sudah diunduh. Maka kita dapat belajar dan mendengarkan podcast Bahasa Inggris selagi kita bepergian. iTunes dapat diunduh secara gratis.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memanfaatkan podcast untuk belajar Bahasa Inggris. Kita tidak akan terpisah lagi dengan lingkungan berbahasa Inggris. Tersedia banyak materi listening untuk kita semua kapan pun, dimana pun kita berada. Take advantage of it.

Sumber – Memanfaatkan Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *