perbedaan individu

Mengelola Perbedaan Individu

Posted on

Mengelola Perbedaan Individu – Individu itu berbeda dalam berbagaim macam dimensi. Fakta ini dapat bermanfaat untuk kontrol efektif dalam perilaku organisasi. Individu berbeda dalam tiga aspek utama, yakni kemampuan fisik, kognitif umum, dan personalitas.

perbedaan individu

Kemampuan fisik seperti kekuatan otot, ketahanan, dan kulaitas pergerakan. Dalam banyak situasi pekerjaan, orang yang mempunyai kekurangan dalam hal kemampuan fisik melakukan pekerjaan dengan buruk dan menempatkan dirinya sendiri dan orang lain dalam risiko kecelakaan kerja. Individu juga berbeda dalam kemampuan kognitif umum yang merupakan karakteristik lain yang mana individu berbeda dan mempunyai implikasi penting untuk jenis pekerjaan yang lebih luas, kemampuan tersebut antara lain kemampuan verbal, kualitatif, alasan, dan spasial. Karakter ini benar-benar berkaitan dengan pekerjaan apa pun yang membutuhkan perencanaan dan pengambilan keputusan yang kompleks dalam basis sehari-hari. Kemampuan kognitif umum juga memberikan dampak pada kemampuan seseorang untuk mempelajari pekerjaan dan kemampuannya untuk mengadaptasi situasi-situasi baru. Individu juga berbeda dalam karakter personalitas yang seringkali mempengaruhi perbedaan kinerja pekerjaan. Lima Kerangka Besar yang fokus pada  ekstrofet, kompromi, penyesuaian emosi, kesadaran, keterbukaan untuk mengalami, dan keingintahuan dapat digunakan untuk mengelola karakter tersebut dan bagaimana masing-masing karakter tersebut berkaitan dengan kinerja pekerjaan.

Perubahan alami dalam tenaga kerja berarti bahwa pasar tenaga kerja juga tumbuh lebih beragam dalam hal demografik dan latar belakang kebudayaannya. Agar dapat meraih keuntungan kompetitif dari demografik dan perbedaan kebudayaan, manajer perlu keluar dari stereotipe yang salah mengenai kelompok yang beragam dan secara langsung menilai kemampuan dan karakter masing-masing orang dengan metode yang dapat dipercaya serta valid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *