Metode Pengajaran yang Kreatif

Posted on
metode pengajaran yang efektif
Gambar: google

Metode pengajaran yang kreatif sangatlah fital bagi keefektifan seorang guru. Guru selalu dalam keadaan tekanan yang konstan untuk meraih dan kemudian mempertahankan perhatian dari seluruh siswanya. Kreatifitas akan membantu seorang guru dalam menyampaikan materinya, dan dengan cara yang mengesankan bagi siswanya.

Guru yang baik menggunakan metode pengajaran yang kreatif karena faktanya bahwa semua siswa belajar dengan cara mereka sendiri yang berbeda satu sama lain. Guru harus secara terus menerus beradaptasi dengan lingkungan siswanya, dan harus membantu perkembangan lingkungan pengasuhan dan pembelajaran secara akademis. Kreatifitas menghasilkan pendekatan-pendekatan multi-sensor dalam pengajaran, yang tentunya sangat bermanfaat bagi semua siswa.

Banyak siswa yang belajar melalui audio, visual, atau media kinestetik. Manakala seoarang siswa secara konsisten diarahkan pada satu cara pengajaran yang tidak dapat mereka nikmati, maka siswa tersebut akan selalu dalam keadaan belajar yang sekenanya. Itu hanyalah sebuah komedi, dan janganlah sampai hal tersebut terjadi. Para guru diwajibkan dengan tugas yang besar dalam menemukan bagaimana untuk menjadikan siswa yang akan aktif dengan sendirinya.

Guru-guru yang terbaik dan paling efisien menggunakan metode pengajaran yang kreatif sehingga mereka dapat meraih dan mencakup semua siswanya, dan melibatkan semua siswa secara efektif. Seorang guru yang baik akan menggunakan materi yang harus tercakup di dalam kurikulum, dan akan memilikinya, dan memberikannya pada siswa. Seorang guru yang baik akan mendapatkan metode yang kreatif serta mendapatkan metode yang baru untuk mengajar materi. Semakin berkembangnya jaman, kebutuhan bagi para guru untuk tetap up to date nampak lebih besar dari pada sebelumnya.

Dengan perkembangan jaman dimana siswa tidak bisa jauh dari perangkat komputer dan special effect yang terdapat dalam film atau pun program televisi, guru yang baik akan menemukan satu cara untuk secara kreatif memasukkan dasar pengetahuan ini ke dalam metode pengajaran yang kreatif mereka. Rentang perhatian rata-rata dari seorang siswa adalah 7 menit, yang tidak menandakan hal yang baik untuk guru. Terdapat banyak materi yang perlu untuk diberikan, yang mana guru harus menemukan cara baru dan cerdas dalam menyampaikan materinya dengan cara yang akan melibatkan seluruh siswanya.

Momen-momen spontan dalam pengajaran akan selalu muncul sehari-hari, dan seorang guru yang baik akan menangkap momen-momen tersebut dan memanfaatkannya dengan baik. Hanya berdiri di depan kelas dan mengajar, atau menampilkan informasi di proyektor merupakan cara mengajar di masa lampau. Guru jaman sekarang harus dapat memancing siswanya, dan kemudian mengagumkan mereka dengan sekumpulan audio, visual, dan presentasi yang menyentuh dan kinestetik. Guru yang kreatif akan menggunakan multimedia dengan kemampuan terbaiknya untuk dapat tetap menjaga ketertarikan dan motivasi siswa, dan akan memberikan siswa kesempatan untuk belajar dengan beragam metode pengajaran yang kreatif.

Seorang guru yang baik akan kreatif sehingga siswanya dapat melihat hal-hal dari sudut pandang yang berbeda-beda dan dapat mempelajari materi mereka dengan pendidikan yang mungkin paling baik. Seorang guru yang baik akan tetap up to date dengan tren, mode, teknologi, dan perilaku yang ada sekarang. Peranan guru adalah untuk mengembangkan, dan seorang guru yang baik akan terus menggunakan metode pengajaran yang kreatif agar supaya tidak berakhir dan menjadi seorang guru yang menyusun cara-caranya sendiri. Para siswa seharusnya merasa kerasan dengan setiap guru, dan oleh karena itu para guru harus melakukan perubahan rutin dalam gaya atau metode pengajaran yang kreatif nya.

Penulis: Bobby Coles

Penerjemah: Mochlisin

2 thoughts on “Metode Pengajaran yang Kreatif

  1. tepat dan benar,…dalam melaksanakan proses pembelajaran, seorang guru dituntut agar menampilkan dan melakukan proses pembelajaran bengan metode yg kreatif dan inofatif.

    Thenk kawan sudah berkunjung di blog ane. salam kenal dan terus berbagi untuk pendidikan. salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *