model pembelajaran geografi
Gambar: Geography

Model Pembelajaran Geografi Berbasis Toponim

Posted on
model pembelajaran geografi
Gambar: Geography

Model Pembelajaran Geografi Berbasis Toponim – Memanfaatkan Toponim lingkungan sekitar Sekolah sebagai basis pembelajaran geografi dengan strategi produksi film dokumenter merupakan model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa terhadap proses pembelajaran, pemahaman terhadap materi pelajaran dan meningkatkan sikap peduli pada lingkungan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengajarkan materi geografi SMA KD 3.2 pada KTSP.

Model Pembelajaran Geografi

Tujuan penelitian: (1) mengembangkan model pembelajaran (2) menerapkan model pembelajaran (3) mengetahui dampak penerapan model pempelajaran.

Jenis penelitian adalah peneltian pengembangan (Reseach & Development). Tahapan penelitian didahului dengan pengembangan model dan perangkat pembelajaran geografi, validasi ahli kemudian diterapkan pada kelas ujicoba. Selanjutnya model pembelajaran digunakan pada satu kelas yang diperlakukan sebagai tahap kontrol dan tahap eksperimen.

Data penelitian diambil dengan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif serta menggunakan inventori dan dianalisis secara komparatif dengan menggunakan statistik t-test berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Geografi berbasis toponim dengan strategi produksi film dokumenter lingkungan dapat memberi dampak positif terhadap siswa.

Berdasarkan hasil uji statistik skor pengukuran pada kelas kontrol dan eksperimen, terdapat perbedaan secara signifikan pada: (1) peningkatan sikap peduli siswa terhadap lingkungan, (2) peninkatan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran serta (3) peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelestarian lingkungan hidup.

Simpulan penelitian: (1) Model Pembelajaran Geografi Berbasis Toponim mengacu pada model Kemp dengan beberapa adaptasi. Hasil uji statistik t-test  menunjukkan model pembelajaran tersebut layak digunakan untuk skala lebih luas, (2) Fleksibilitas pengelolaan pembelajaran, bersuasana petualangan dan tantangan dapat meningkatkan minat dan  kreativitas siswa, (3) membelajarkan siswa  pada kehidupan nyata dapat membantu memahami dan memupuk sikap peduli pada lingkungan.

Saran: (1) Agar model pembelajaran geografi berbasis toponim dikembangkan dan digunakan secara luas untuk pembelajaran geografi di SMA. (2) strategi pembelajaran melalui produksi film dokumenter agar digunakan pada  pembelajaran mata pelajaran lain yang bersifat investigatif, (3) Agar film dokumenter karya siswa dikompilasi dan dimanfaatkan utuk media pembelajaran.

Judul Asli: Model Pembelajaran Geografi Berbasis Toponim Dengan Strategi Produksi Film Dokumenter Lingkungan Di SMA Negeri 1 Bandar – Penulis Abstrak: Wasro – Tahun: 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *