ponsel symbian

Nokia Stop Produksi Ponsel Symbian

Posted on

Ponsel Symbian – Ketika pada jamannya, Nokia yang terkenal dengan sistem operasi Symbian-nya sangatlah merajai pasaran. Ponsel besutan dari Nokia selalu menjadi idaman dan merupakan pilihan pertama dari pengguna telepon genggam. Namun sejak menanjaknya popularitas sistem operasi mobile lainnya, seperti Android dari Google dan Blackberry dari Research in Motion, ponsel dengan Symbian pun mulai meredup.

“Good Bye” untuk Symbian dari Perusahaan yang berbasis di Finlandia ini dengan ditandai dengan peluncuran ponsel terakhir yang masih menggunakan sistem operasi ini, yakni Nokia 808 Pureview. Dan selama tahun 2012 kemarin, meski masih mengeluarkan ponsel berbasis Symbian, mereka gencar juga bertransisi ke ponsel yang berjalan di platform Windows Phone.

ponsel symbianPara analis tidak begitu kaget dengan hal ini karena memang menurunnya popularitas perangkat Symbian di peperangan ponsel dunia. Terbukti bahwa Nokia hanya mampu menjual sebanyak 2,2 juta perangkat Symbian di kuartal terakhir tahun 2012 kemarin. Dan selepas Symbian, mereka nampaknya akan lebih fokus pada ponsel yang berbasi pada Windows Phone.

Kehebohan Nokia 808 PureView: Ponsel Symbian Terakhir

Nokia stop produksi ponsel Symbian pada Nokian 808 PureView yang sangat menghebohkan pasar perangkat pintar di tahun kemarin. Meski hanya dipersenjatai Symbian OS, ponsel ini dapat meng-capture gambar dengan sangat detail sekali. Tidak perlu kaget, karena dalam ponsel ini dilengkapi dengan kamera 41 megapiksel. Dan kamera tersebut belum dipasang diperangkat Nokia lainnya. Namun, menurut kabar yang beredar beberapa waktu lalu, Nokia akan mempersenjatai seri Lumia terbaru dengan sensor gambar tersebut. Seri Lumia, yang untuk sementara dinamakan EOS, kabarnya akan diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2013 di Barcelona, 25-28 Februari 2013.

Dengan berakhirnya jajaran ponsel Symbian dari Nokia dan beralihnya ke Windows Phone OS perlu ditunggu kabar selanjutnya apakah ponsel-ponsel Nokia tersebut dapat bertahan di tengah peperangan dunia ponsel yang sekarang masih dirajai oleh Android. Akankah kejayaan Nokia sewaktu menggunakan Symbian di waktu dulu akan juga terulang kembali setelah pindah ke Windows Phone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *