Pedoman dalam pendidikan multikultural

Posted on
pedoman dalam pendidikan multikultural
Gambar: detik

Pedoman dalam pendidikan multikultural ini merupakan salah satu abstrak tentang pendidikan multikultural yang menjadi perhatian dianloves.me yang dalam beberapa postingannya telah memberikan beberapa abstrak atau pun artikel tentang tema ini. Judul asli dari abstrak pedoman dalam pendidikan multikultural ini adalah Guidelines on Multicultural Education, Training, Research, Practice, and Organizational Change for Psychologists yang merupakan terbitan dari American Psychological Association. Paragraf ini bukan termasuk abstrak, ini hanya sekedar introduction dari postingan ini. Abstrak hasil penerjemahan naskah aslinya terdapat pada paragraf berikut ini.

Pedoman dalam pendidikan multikultural

Semua individu yang ada dalam konteks sosial, politik, sejarah dan ekonomi , serta para ahli psikologi secara terus menerus diharuskan untuk memahami pengaruh-pengaruh semua konteks ini terhadap perilaku masing-masing individu. “Pedoman dalam pendidikan multikultural, pelatihan, penelitian, pelaksanaan, dan perubahan keorganisasian bagi para ahli psikologi” menunjukkan keberlangsungan evolusi dari studi tentang psikologi, perubahan-perubahan dalam masyarakat secara umum, dan munculnya data-data tentang kebutuhan-kebutuhan yang berbeda-beda dari individu dan kelompok tertentu yang secara historis termarjinalkan dan yang tidak diberi beri hak dalam dan oleh psikologi berdasarkan pada warisan etnis/rasial dan identitas atau keanggotaan kelompok sosial. “Pedoman dalam pendidikan multikultural, pelatihan, penelitian, pelaksanaan, dan perubahan keorganisasian bagi para ahli psikologi” ini merefleksikan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan dalam profesi-profesi di tengah-tengah perubahan sosiopolitik sejarah yang dramatik di masyarakat Amerika Serikat, sama halnya dengan kebutuhan-kebutuhan akan konstituen, pasar dan klien baru.

Tujuan-tujuan khusus dari pedoman ini adalah untuk memberikan para ahli psikologi dengan (a) pemikiran dan kebutuhan-kebutuhan untuk mengarahkan multikulturalisme dan perbedaan dalam pendidikan, pelatihan, penelitian, pelaksanaan dan perubahan keorganisasian; (b) informasi dasar, terminologi yang relefan, penelitian empiris yang ada sekarang ini dari psikologi dan disiplin ilmu yang terkait, dan data lain yang mendukung pedoman-pedoman yang diajukan dan menekankan kepentingannya; (c) referensi untuk memperkaya proses pendidikan, pelatihan, penelitian, pelaksanaan, dan metodologi perubahan keorganisasian yang sedang berjalan; dan (d) paradigma yang memperluas bidang psikologi sebagai sebuah profesi.

Dalam pedoman-pedoman ini, kata pendidikan merujuk pada pendidikan psikologi bagi para siswa (mahasiswa) dalam semua wilayah psikologi, sedangkan pelatihan secara lebih spesifik merujuk pada penerapan pendidikan tersebut pada pengembangan keahlian terapan dan penelitian. Kita merujuk kata penelitian itu pada penelitian yang melibatkan keterlibatan manusia, bukan sekedar penelitian yang menggunakan binatang dan simulasi matematika. Pelaksanaan ini merujuk pada intervensi dengan anak-anak, remaja, dewasa, keluarga, dan organisasi yang umumnya dilakukan oleh para ahli psikologi klinis, konsultasi, konseling, keorganisasian, dan sekolah. Pada akhirnya, kita memfokuskan pada pekerjaan para ahli psikologi sebagai seorang administrator, konsultan, dan dalam peranan manajemen keorganisasian lainnya diposisikan untuk mengupayakan perubahan keorganisasian dan perkembangan peraturan.

Pedoman-pedoman ini mengarah pada kelompok minoritas etnis dan rasial di Amerika Serikat yang juga mengarah pada individu, anak-anak, dan keluarga dari dua ras, multi-etnis, dan latar belakang multi-rasial. Oleh karena itu, kita mendefinisikan multikultural dalam pedoman-pedoman ini secara sempit untuk merujuk pada interaksi antara individu dari kelompok etnis minoritas etnis dan rasial di Amerika Serikat dan kebudayaan Eropa-Amerika yang dominan. Keanggotaan dari kelompok minoritas etnis dan rasial mencakup individu-individu dari Penduduk pulau Asia Pasifik, Afrika Hitam sub-Sahara, Latin/Hispanik, dan Amerika Asli/keturunan Indian Amerika, meskipun terdapat heterogenitas yang besar diantara masing-masing kelompok. Pedoman-pedoman ini juga merujuk pada hasil kerja dari para ahli psikologi dan interaksi denan individu-individu di negara bagian lain, termasuk siswa internasional, imigran, dan pekerja musiman di negara tersebut.

Istilah pedoman sendiri merujuk pada keputusan, pernyataan, atau deklarasi yang menyarankan atau merekomendasikan perilaku profesional tertentu, usaha keras, atau tingkah laku untuk para ahli psikologi (American Psycological Association, 1992). Pedoman ini berbeda dari standar dimana standar itu adalah mandatori dan dapat didampingi dengan mekanisme penguatan (2001). Pedoman ini ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan profesi sistematis yang bekelanjutam dan untuk membantu meyakinkan satu level pelaksanaan profesional yang tinggi dari para ahli psikologi. Petunjuk ini tidak ditujukan untuk sebagai mandatori atau suatu yang lengkap dan tidak mungkin diterapkan untuk semua profesional dan situasi klinis. Petunjuk tersebut tidaklah definitif dan tidak ditujukan untuk mengambil hak yang lebih tinggi terhadap penilaian para ahli psikologi. Selain itu, hukum federal atau negara bagian dapat menggantikan pedoman-pedoman ini.

Itulah abstrak Pedoman dalam pendidikan multikultural, pelatihan, penelitian, pelaksanaan, dan perubahan keorganisasian bagi para ahli psikologi yang singkat. Untuk isi dari abstrak ini insyaallah akan saya lanjutkan pada postingan berikutnya. Komentar Anda untuk abstrak ini sangat membantu memberi masukan untuk postingan berikutnya dan menjadi semangat saya sendiri untuk melajutkan menyelesaikan penerjemahan artikel ini.

Pedoman dalam pendidikan multikultural, pelatihan, penelitian, pelaksanaan, dan perubahan keorganisasian bagi para ahli psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *