Pendidikan Karakter yang Efektif #2

Posted on

Pendidikan karakter yang efektif #2 ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya dan merupakan rangkaian dari total tiga bagian artikel yang berjudul asli “Understanding Effective Character Education” yang ditulis oleh Dr. Marvin Berkowitz. Silahkan simak mulai paragraf berikut ini.

pendidikan karakter

Apakah Pendidikan Karakter itu Berjalan?

Pada dasarnya ini merupakan pertanyaan yang sulit untuk dijawab dengan ya atau tidak. Alasannya bukanlah bahwa hanya sedikit penelitian yang mencapai sebuah kesimpulan. Faktanya, agaknya satu badan penelitian substantif telah mengumpulkan, khususnya satu atau dua dekade terakhir. Alasannya adalah bahwa pendidikan karakter merupakan satu istilah yang diterapkan pada satu cakupan program dan strategi yang luas. Pertanyaan yang mungkin lebih baik adalah, Dapatkah pendidikan itu berjalan, dan jika itu berjalan, dengan kondisi-kondisi apa pendidikan karakter ini paling mungkin efektif?

Jawaban singkat pada bagian awal dari pertanyaan tersebut adalah ya. Pendidikan karakter dapat berjalan dan kebanyakan seperti itu. What Works in Character Education (Apa yang Berjalan dalam Pendidikan Karakter) dari Character Education Partnership (Partnership Pendidikan Karakter) melihat 69 penelitian dari 33 program pendidikan karakter, yang menyimpulkan bahwa pendidikan karakter itu berjalan, yang berdampak pada jangkauan hasil yang luas (termasuk pencapaian akademik). What Works Clearinghouse dari Departemen Pendidikan Amerika Serikat mengidentifikasi 13 program dengan bukti keefektifannya. Safe and Sound dari Kolaborasi untuk Pembelajaran Akademik, Sosial dan Emosional melaporkan hampi setengah (34) dari 80 program yang mereka kaji mempunyai bukti keefektifan yang kuat dan menjanjikan. Namun penting untuk mengingat bahwa pendidikan karakter itu lebih berjalan ketika itu dirancang dengan baik, bergantung pada prinsip-prinsip berbasis penelitian dan satu kerangka konseptual yang bermanfaat yang diimplementasikan secara penuh dan akurat.

Disamping kajian-kajian program tersebut, terdapat bukti lanjutan dari keefektifan pendidikan karakter. Satu rangkaian dengan empat studi besar tentang variasi kerangka CharacterPlus telah menunjukkan keefektifan dua perubahan tersebut dalam kebudayaan sekolah dan dalam pencapaian akademik. Selain itu, satu investigasi terhadap 120 sekolah dasar di California yang dilakukan oleh Jacques Benninga dan rekan-rekannya memperlihatkan bahwa pendidikan karakter secara signifikan berkaitan dengan pencapaian akademik baik dalam bahasa seni atau pun matematika sebagaimana diukur dengan penilaian akademik berstandar negara bagian.

Hal ini jelas dari isi penelitian ini bahwa:

  1. Pendidikan karakter dapat berjalan dan sering berjalan.
  2. Pendidikan karakter yang efektif berdampak luas pada kognitif, afektif, perilaku dan hasil akademik siswa.
  3. Pendidikan karakter muncul dalam banyak bentuk dan skala.
  4. Kita dapat mengidentifikasi aspek-aspek pendidikan karakter yang nampak secara kuat berkaitan dengan keefektifan.

Pendidikan Karakter yang Efektif #2

3 thoughts on “Pendidikan Karakter yang Efektif #2

  1. sesuai dengan judul artikel ini “apakah pendidikan karakter berjalan…….? memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk mencapai tujuan dari pendidikan karakter. intinya mengembalikan sikap dan karakter anak bangsa harus ditempa dari dasar menuju perguruan tinggi membentuk sikap yg mau menghargai dan toleransi antar sesama…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *