Pendidikan Multikultural di Sekolah
Gambar: windakutubuku

Pendidikan multikultural di sekolah

Posted on
Pendidikan Multikultural di Sekolah
Gambar: windakutubuku

Pendidikan Multikultural merupakan satu pendekatan dalam pengajaran dan pembelajaran yang didasari pada nilai-nilai demokratis yang menguatkan pluralisme kultural dalam lingkungan masyarakat yang secara kultural berbeda namun berada dalam satu dunia yang saling membutuhkan satu sama lain. Setidaknya sekarang ini ada dua sudut pandang atau perspektif tentang pendidikan multikultural di Amerika Serikat, yakni perspektif asimilasi atau “melting-pot” dan perspektif pluralisme atau “global”. Perspektif asimilasi pendidikan multikultural  adalah bahwa mikrokultur harus menyampingkan kultur atau kebudayaan dan identitas asli mereka agar supaya menyatu atau menjadi terserap ke dalam kultur atau kebudayaan utama Anglo-Eropa Barat. Sedangkan perspektif global adalah bahwa mikrokultur dapat mempertahankan banyak tradisi-tradisi mereka seperti bahasa, agama, dan kebiasaan sosial selagi mengadopsi banyak aspek kultur utama Anglo-Eropa Barat.

Perspektif glogal dari pendidikan multikultural menganggap pluralisme kebudayaan sebagai sebuah pernyataan ideal dan sehat di lingkungan masyarakat yang produktif dan mengangkat isu persamaan dan menghargai kelompok-kelompok kebudayaan yang telah ada. Prinsip ini memungkinkan perspektif global dari pendidikan multikultural untuk berkembang di luar ilmu pedagogy yang sama sebagai satu-satunya cara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang telah diciptakan dari perspektif asimilasi. Dengan semakin cepatnya perkembangan hubungan antar semua negara, secara khusus seperti apa yang terjadi sekarang ini, ketika kita menghadapi isu-isu global berkaitan dengan permasalahan ekosistem, senjata nuklir, terorisme, hak-hak asasi manusia, dan sumber daya nasional yang langka, maka institusi-institusi pendidikan tinggi perlu untuk menerapkan perspektif global dalam pendidikan multikultural jika mereka ingin mempertahankan model masyarakat demokratis dalam satu dunia yang pluralistik dan tetap kompetitif secara akademis dalam kaitannya dengan dunia lainnya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan perspektif glogal dalam pendidikan multikultural dan bagaimana institusi-institusi pendidikan tinggi dapat menggunakannya untuk mempertahankan model kegemilangan akademis dalam masyarakat yang pluralistik dan demokratis.

Judul asli abstrak ini: Why multicultural education is more important in higher education now than ever: a global perspective (Mengapa pendidikan multikultural itu lebih penting di pendidikan tinggi sekarang ini: perspektif global)

Penulis: Gloria M. Ameny-Dixon and McNeese State University

Alih Bahasa: Mochlisin

Abstrak tentang pendidikan multikultural ini juga tersedia dalam bahasa Inggris.

2 thoughts on “Pendidikan multikultural di sekolah

  1. hmmm, pas banget nih sama ane… kebetulan bergelut di bidang pendidikan. ane nyimak sembari pelajari y sob. moga bermanfaat.

    happy blogging^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *