perilaku organisasi

Pengertian dan Tokoh Perilaku Organisasi

Posted on

Perilaku Organisasi merupakan satu bidang penelitian yang membantu memprediksi, menjelaskan, dan memahami perilaku yang terjadi di dalam atau antar organisasi. Terdapat tiga pemikiran penting mengenai perilaku organisasi:

  1. Perilaku organisasi fokus pada perilaku yang dapat diobservasi. Namun, juga berkaitan dengan tindakan internal seperti berpikir, merasa, dan memutuskan yang muncul ketika melakukan tindakan nyata.
  2. Perilaku organisasi mengkaji perilaku manusia baik secara individu atau pun anggota unit sosial yang lebih besar.
  3. Perilaku organisasi juga menganalisa “perilaku” unit sosial yang lebih besar – kelompok dan organisasi – itu sendiri.

perilaku organisasi

Perilaku organisasi terdiri dari tiga sub-bidang; perilaku organisasi mikro utamanya berkaitan dengan sifat dan kinerja masing-masing individu dalam organisasi, perilaku organisasi meso fokus pada karakter kelompok dan perilaku orang-orang dalam tim, dan perilaku organisasi makro merujuk pada “perilaku” organisasi sebagai kesatuan menyeluruh.

Manajer yang efektif menggunakan pengetahuan dari tiga sub-bidang di atas untuk memecahkan masalah, yakni proses diagnosa, solusi, tindakan, dan evaluasi. Diagnosa mencakup interpretasi gejala serta mengidentifikasi masalah. Solusi terjadi ketika satu cara pemecahan masalah atau lebih telah diformulasikan. Dalam tindakan, aktifitas tertentu ditetapkan dan solusinya diimplementasikan. Evaluasi mencakup penilaian keefektifan dari solusi yang diimplementasikan dan dapat menjadi satu input untuk pemecahan masalah di masa mendatang.

Tokoh-tokoh pencetus perilaku organisasi diantaranya adalah Frederick W. Taylor yang mengemukakan 6 prinsip manajemen ilmiah. Henry Fayol mencetuskan 14 prinsip manajemen. Max Weber mengemukakan tentang model birokrasi. Douglas McGregor mengemukakan perspektif hubungan manusia dengan teori X dan Y-nya yang terkenal. Serta Katz and Kahn yang memperkenalkan perspektif sistem terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *