Perayaan Malam Tahun Baru, Car Free Night, dan Sampah

Posted on

Tahun Baru – Malam tadi, jutaan orang di berbagai wilayah di Indonesia memadati pusat-pusat perkotaan yang menggelar Perayaan Malam Tahun Baru dan Car Free Night. Tidak hanya kota Jakarta yang merupakan ide dari sang gubernur, JokoWi, namun juga menular di berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Makasar dan lainnya. Seolah kita dapat bilang bahwa semalam bukanlah acara perayaan malam tahun baru, namun lebih merupakan acara Car Free Night.

Masyarakat berbondong-bondong sejak sore hari menuju ke tempat-tempat yang telah diberitahukan sebelumnya; Jakarta berpusat di Bundaran Hotel Indonesia. Pusat-pusat itu seolah menjadi tempat pengungsian jutaan umat manusia dari kepungan banjir akhir tahun yang setiap tahun tidak pernah absen menyambangi ibu kota Indonesia tercinta ini. Mereka seolah melupakan semua keluh kesah tentang kehidupan ekonomi yang meski dijalani mulai hari pertama di tahun 2013 serta melupakan semua persoalan bidang hukum, penanganan korupsi, transportasi, kerusuhan yang bersifat sara, intinya malam tadi pusat-pusat itu menjadi tempat sampah dalam arti sebenarnya dan arti kiasan.

tahun baru

Berita televisi pagi ini selain menggambarkan kemeriahan warna-warni kembang api dan ‘dentuman’ terompet, layar televisi juga memperlihatkan tumpukan sampah di berbagai sudut pusat-pusat perayaan Car Free Night serta kesibukan para tim kebersihan sedang membersihkan sisa-sia terompet dan sampah yang menggunung.

Persoalan sampah ini kayaknya luput dari perhatian para pemimpin yang memberi kesempatan masyarakan merayakan malam pergantian tahun. Atau mungkin juga para pemimpin sudah mempermaklumkan keadaan itu, perayaan berarti akan berujung pada menumpuknya sampah. Bisa juga hal ini disebabkan kesadaran masyarakat akan perlakuan sampah masihlah minim.

Tahun baru berkaitan dengan resolusi. Banyak yang mengucapkan dan/atau menuliskan resolusi mereka di buku atau pun di dinding media sosial semacam Facebook tentang harapan mereka di tahun 2013 ini. Mungkin mereka para peserta perayaan malam tahu semalam perlu membuat resolusi bahwa mereka tidak akan membuang sampah sembarangan lagi di perayaan malam tahun 2014.

Akhir kalimat; Selamat Tahun Baru 2013, apa pun resolusi pembaca semoga dapat diwujudkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *