Persepsi petani perempuan mengenai penggunaan informasi pemasaran

Posted on

Petani perempuan

Kajian yang menegaskan tentang persepsi para petani perempuan dalam penggunaan informasi pemasaran singkong di Negara bagian Osun, Nigeria. Penelitian ini menggunakan teknik multistage sampling untuk menentukan pemilihan 110 para petani perempuan penggarap singkong di Negara bagian Osun.

Data dikumpulkan dari para perempuan dengan menggunakan jadwal wawancara terstruktur. Analisa data dilakukan dengan menggunakan hitungan frekuensi, persentase, rerata, simpangan baku (standard deviation) dan korelasi Spearman rho yang digunakan untuk menghasilkan keterkaitan antar variabel yang dipilih. Sumber informasi pemasaran yang teridentifikasi mencakup: radio, para suami, agen tambahan dan Asosiasi Penanam Singkong.

Informasi pemasaran yang paling banyak digunakan adalah informasi pada hari pasar dan jarak pasar (WMS= 4,61) dan diikuti dengan informasi tentang waktu terbaik untuk menjual singkong yang diproduksi (WMS= 4,48) dan informasi mengenai jenis singkong yang lebih diminati yang menyebabkan harga pasar tinggi (WMS= 4,46), dan masih banyak yang lainnya. Para petani perempuan tesebut memiliki persepsi yang baik mengenai penggunaan informasi pemasaran. Lamanya pendidikan (r= – 0,238, P< 0,05); pengalaman bertani (r= 0,654, P< 0,05) secara signifikan mempengaruhi persepsi para petani perempuan mengenai penggunaan informasi pemasaran singkong.

Hal ini direkomendasikan bahwa disseminasi informasi pemasaran oleh institusi tambahan perlu disediakan bagi para petani perempuan di negara bagian Osun melalui sumber-sumber informasi yang lebih diminati seperti radio, para suami dan Asosiasi Penanam Singkong.

Tulisan ini merupakan Abstrak dari sebuah jurnal mengenai persepsi para petani perempuan tentang penggunaan informasi pemasaran di Negara Bagian Osun, Nigeria.

Bila membutuhkan jasa penerjemahan/translation, dapat menghubungi ke http://bit.ly/translatesmg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *