PTN Membuka Pendaftaran SBMPTN

Posted on

Berbeda dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang hanya dikhususkan untuk siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional 2013, pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dibuka untuk umum. SMBTPN ditujukan untuk mereka yang tidak lolos dalam SMPTN tahun ini sekaligus untuk lulusan tahun 2011 dan 2012. Dengan demikian akan seleksi SBMPTN ini akan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para siswa untuk dapat kuliah di perguruan tinggi pilihan mereka. Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN merupakan seleksi untuk dapat kuliah di perguruan tinggi negeri melalui tes tertulis. Tes tertulis ini dilakukan secara serentak bersama-sama seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Pendaftar dapat mengikuti tes tertulis di universitas atau tempat seleksi dari panitia lokal terdekat meskipun tidak untuk masuk kuliah di universitas tersebut. Jadi ada keuntungannya bagi siswa bahwa mereka tidak harus ke universitas yang akan dituju untuk ikut proses seleksi ini.

Bagi pembaca yang berminat untuk ikut seleksi ini harus menunggu hingga panitia membuka pendaftarannya. Pendaftaran SBMPTN baru akan mulai dibuka pada 13 Mei 2013 hingga 7 Juni 2013. Pastikan Anda untuk selalu mengikuti berita update-nya. Ujian tertulisnya sendiri akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni 18-19 Juni 2013.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana seleksi tes tertulis untuk masuk perguruan tinggi negeri ini dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yakni IPA, IPS, dan IPC; seleksi tahun ini berbeda. Namun yang berbeda hanyalah soal penyebutan kelompok saja. Tiga kelompok SBMPTN 2013 ini adalah kelompok Sains-Teknologi, kelompok Sosial-Humaniora, dan kelompok campuran.pendaftaran sbmptn

Pendaftaran SBMPTN sendiri tidak lah gratis. Karena setiap peserta akan diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran SBMPTN 2013 yang nilainya didasarkan pada kelompok yang dipilihnya. Untuk kelompok Sains-Teknologi dan Sosial-Humaniora, peserta akan diwajibkan membayar biaya pendaftaran senilai Rp.175.000,-, sedangkan untuk kelompok campuran biayanya berbeda, yakni Rp.200.000,-.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti seleksi ini, ada baiknya untuk memilih jurusan yang Anda di perguruan tinggi yang mempunyai akreditasi baik untuk jurusan yang dipilihnya. Jangan lupa untuk mengasah kemampuan akademik Anda menggunakan soal latihan SBMPTN atau SNMPTN tahuan sebelumnya. Semoga sukses sehingga nantinya bisa kuliah di perguruan tinggi yang diminati.

One thought on “PTN Membuka Pendaftaran SBMPTN

  1. SBMPTN sangat bermanfaat bagi para pelajar yang tidak mendapatkan ptn jalur SNMPTN. Ini membuka peluang yang besar bagi mereka yang mau berusaha dan tidak mau kehilangan kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *