Resep Sate Kambing Istimewa Bumbu Kecap Lezat

Posted on

Sate kambing memang lezat. Sebentar lagi hari raya Idul Adha tiba, itulah waktu kaum muslimin berhari raya idul adha atau hari raya kurban. Setiap tahun selalu disembelih hewan sapi atau kambing. Waktu dimana paling banyak pahalanya bagi mereka yang mau berkurban. Dan momen itu dalam waktu setahun hanya satu kali. Dengan begitu maka tak ayal lagi bila banyak sekali daging sapi maupun kambing yang dibagikan kepada masyarakat luas. Gratis tanpa bayar lagi. Inilah salah satu berkahnya orang yang beribadah.

Jumlah daging kambing yang banyak tentu membuat kita berpikir untuk dimasak apa? Banyak sekali pilihannya akan tetapi satu jenis masakan yang paling populer yakni sate kambing. Umumnya orang melihat sate termasuk masakan yang harganya mahal. Ini bila kita bandingkan dengan mie ayam, bakso, soto. Agak mahal sedikit sebetulnya.

Ternyata pula daging Kambing juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya teruntuk orang yang tekanan darahnya kurang atau darah rendah. Karena dengan menyantap olahan daging kambing diyakinin mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga pada orang yang mempunyai tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sate kambing tersebut. Kandungan gizi di dalamnya antara lain : zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker.

Setiap 100 gram daging kambing terdapat kandungan 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Daging kambing juga dipercaya bisa meningkatkan potensi seksualitas kaum pria lho. Meski pun kita bukanlah orang yang berprofesi sebagai koki atau ahli memasak, tapi kita bisa kok menghadirkan sate kambing di rumah. Tentu kita menginginkan sate kambing yang rasanya lezat, tidak berbau prengus, dan teksturnya empuk. Semua itu bisa kita bikin sendiri. Kita simak saja uraian resepnya di bawah ini.

Bahan yang kita perlukan :
— 1 kg kambing mudah dan lemaknya
— 30 tusuk sate, bisa lebih
— 6 lembar daun jeruk
— 15 sdm kecap manis
— 4 sdt air asam jawa
— Mentega secukupnya

Bahan untuk Bumbu :
— 1 ruas jahe
— 12 siung bawang merah
— 6 siung bawang putih
— Merica bubuk secukupnya
— 4 sdt biji ketumbar, disangrai terlebih dahulu
— 1 sdm jinten, disangrai terlebih dahulu
— Buah nanas (opsional)
— Gula pasir secukupnya

Bahan untuk Pelengkap :
— 2 buah tomat merah, diiris tipis
— Kecap manis secukupnya
— 10 buah cabai rawit merah atau hijau
— 2 buah jeruk purut, gunakan airnya
— 10 siung bawang merah, diiris tipis

Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap Khas Solo
1. Proses yang perlu kita lakukan di awal yakni dengan memanaskan mentega atau margarin sampai meleleh.
2. Lantas kita tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang, kalau sudah, angkat dan letakkan diatas piring yang permukaannya datar.
3. Kemudia kita tambahkan kecap manis dan air asam jawa, aduk sampai tercampur dengan rata.
4. Kemudian kita lumuri lemak dan daging kambing dengan bumbu itu, lalu diamkan sebentar supaya bisa meresap benar.
5. Langkah berikutnya kita tusuk lemak dan daging kambing yang sudah dilumuri dengan bumbu tadi, jumlah daging yang disusun pada tusuk sate sesuai dengan keingingan kita atau orang-orang tercinta.
6. Lalu bakarlah sate kambing sampai matang sambl dibolak-balik dan dioles sisa bumbu. Apabila sudah matang benar, langsung bisa kita letakkan di atas piring saji.
7. Terus campurkan semua bahan pelengkap, dan tambahkan tetesan air jeruk purut ke satenya secara merata. Sate kambing bumbu kecap khas Solo siap dihidangkan.

Mudah dan praktis sekali kan? Yuk langsung saja kita praktekkan resep tersebut di rumah. Jangan sampai ketinggalan. Selain hari raya pun mantap juga lho. Kita dapat membeli daging kambing di pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *