Robot penjelajah NASA Opportunity

Robot NASA Temukan Air Minum di Mars

Posted on

Manusia makin merasa kagum dengan alam semesta beberapa waktu ini. Dimana ketika tanpa adanya teleskop ataupun roket, serta tidak pula awak NASA, salah satu agensi penjelajahnya di Mars, Opportunity, menemukan jejak-jejak air “yang dapat diminum” di planet yang sering disebut dengan Planet Merah tersebut. Ini merupakan pertama kalinya robot NASA temukan air yang dapat diminum di sana yang mana air tersebut dilaporkan bersifat netral atau tidak mengandung asam. Penemuan tersebut dilaporkan setelah satu batu Martian yang terdapat tanah liat yang terbentuk dalam air yang tidak mengandung asam dianalisa oleh Opportunity.

Steve Squyre, ilmuwan dari Cornell University yang merupakan pemimpin dari misi Opportunity (dan juga pimpinan ilmuwan untuk misi robotik di Mars) mengatakan bahwa hal yang sangat menarik dari penemuan ini adalah bahwa hal ini memberikan petunjuk akan keberadaan air netral di masa-masa awal Mars, disebutkan pula bahwa “ini adalah air aygn dapat kita minum”. Dengan mengatakan hal tersebut dia merujuk pada fakta bahwa jika terdapat lagi air semacam itu di Mars, maka air tersebut tidaklah membahayakan manusia dalam artian tidak akan meracuni, sehingga dapat dikatan bahwa “air tersebut dapat di minum”.

Baca juga “Kebohongan Ucapan Neil Armstrong”

Batu yang diuji oleh NASA ini disebut dengan Esperance yang terletak di Endeavour Crater. Untuk menemukan batu ini, Opportunity membutuhkan waktu hingga 3 tahun hingga berhasil menemukannya di pinggiran cekungan yang besar. Batu Esperance yang ditemukan robot NASA ini kaya akan kandungan tanah liat dalam aluminium, yang mana para ilmuwan percaya bahwa hal tersebut merupakan tanda air netral pernah melewati batuan tersebut. Opportunity tidak mempunyai kemampuan atau lab kimia di badannya sebagaimana yang dimilik oleh robot penjelajah NASA lainnya, Curiosity. Opportunity menggunakan minerologi dasar untuk menentukan kemungkinan akan keberadaan air yang dapat diminum di planet terdekat dengan bumi ini.

Berikut ini adalah penampakan batu Esperance yang mana robot NASA temukan air yang dapat diminum.

Robot NASA temukan Air Minum di Mars

Berikut ini adalah gambar robot penjelajah luar angkasa dari NASA, Opportunity

Robot penjelajah NASA Opportunity

Berita dari ubergizmo.com dan gambar dari NASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *