Pengertian Ilmu Antropologi

Sekilas Tentang Pengertian Ilmu Antropologi

Posted on

Sekilas Tentang Pengertian Ilmu Antropologi – Antropologi adalah studi tentang umat manusia. Dengan menggunakan pendekatan ilmiah, antropologi berusaha menyusun sejumlah generalisasi yang bermakna tentang makluk manusia dan perilakunya, dan untuk mendapat pengertian yang tidak berprasangka tentang keanekaragaman manusia. Kedua bidang yang besar dari antropologi adalah antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik memusatkan perhatian pada manusia sebagai organisme biologis. Sedangkan, penekanan utama antropologi fisik adalah melacak evolusi perkembangan makluk manusia dan mempelajari variasi-variasi biologis dalam jenis (species) manusia. Ahli antropologi budaya mempelajari manusia dari aspek kebudayaannya.

Pengertian Ilmu Antropologi

Arkeologi, antropologi linguistik dan etnologi adalah tiga bidang dari antropologi budaya. Antropolog mempelajari obyek-obyek material dari kebudayaan-kebudayaan dahulu untuk menerangkan perilaku manusia. Ahli linguistik mempelajari bahasa manusia, dapat mengadakan deskripsi bahasa tertentu atau menyusun sejarah dari sejumlah bahasa. Etnolog mengkhususkan diri untuk kebudayaan-kebudayaan jaman sekarang atau kebudayaan baru yang sudah lewat. Dengan mengadakan studi perbandingan tentang kebudayaan, ia juga dapat memusatkan diri pada aspek kebudayaan tertentu, seperti kebiasaan ekonomi, agama, atau sebagai penulis etnografi, mereka dapat turun ke lapangan untuk mengambil dan menggambarkan perilaku manusia seperti yang dapat dilihat, dirasakan dan didiskusikan dengan orang-orang yang kebudayaannya ingin dipahami.

Di antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alamiah, antropologi adalah unik karena bertujuan merumuskan penjelasan-penjelasan tentang perilaku manusia yang didasarkan pada studi atas semua aspek biologis manusia dan perilakunya di semua masyarakat, dan bukan hanya di mesyarakat Eropa dan Amerika Utara saja. Dengan demikian ahli antropologi menaruh banyak perhatian atas studi bangsa-bangsa non barat.

Antropologi bermaksud mempelajari manusia secara obyektif dan sistematis. Ahli antropologi menggunakan metode-metode yang digunakan oleh para ilmuan lain dengan mengembangkan hipotesis, atau penjelasan yang dianggap benar, menggunakan data lain untuk mengujinya, dan akhirnya menemukan suatu teori-suatu sistem hipotesis yang telah teruji. Data yang digunakan ahli antropologi dapat berupa data dari suatu masyarakat atau studi komparatif di antara sejumlah besar masyarakat.

Bahan yang dipelajari antropologi terus-menerus berubah karena terjdi penemuan-penemuan baru, dan kebudayaan itu sendiri selalu dalam keadaan berubah. Perubahan peranan seks dan sikap baru terhadap perkawinan dan keluarga adalah contoh-contoh perubahan yang dengan mudah dapat kita lihat dalam kebudayaan kita sendiri. Dengan terbukanya bidang-bidang baru untuk penelitian antropologi. Dan dengan instrument serta metode studinya yang lebih efisien, dan karena ahli antropologi tetap mempertahankan keterlibatannya yang sudah lama dengan sifat kemanusiaan orang-orang lain, maka antropologi semakin berhasil menjadi pengetahuan tentang manusia yang benar-benar manusiawi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *