selamat hari raya idul adha 1433 h
Gambar: Fimadani

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H

Posted on
selamat hari raya idul adha 1433 h
Gambar: Fimadani

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H – Puji syukur ke hadirat Allah SWT bahwa umat Islam di seluruh dunia dalam keadaan khidmat merayakan hari raya haji tahun ini. Dan syukur lagi bahwa kali ini umat Islam di Indonesia dapat merasakan suasana kemeriahan Idul Adha 1433 secara bersamaan, karena tidak ada perbedaan-perbedaan dalam kaitannya dengan kapan jatuhnya hari raya.

Namun ada yang agak berbeda apa yang terjadi di kampung saya. Karena secara resmi panitia penyembelihan hewan qurban dari masjid baru akan melaksanakan penyembelihan esok hari. Hal itu dimungkinkan karena dalam prakteknya penyembelihan hewan qurban dapat dilaksanan hingga 3 hari setelah tanggal 10 Dzulhijah. Mengapa terjadi penundaan? Karena syukur Alhamdulillah bahwa kampung kecil kami yang umumnya para penduduknya adalah buruh perkebunan karet dan petani mempunyai niat yang besar untuk berqurban. Panitia telah mengantongi daftar 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing yang akan dibagikan kepada sekira 250 kepala keluarga.

Dan hari ini juga warga sekampung mendapatkan satu berkah. Dengan bertambahnya satu mushola baru di pojok kampung yang memudahkan untuk warga untuk menjalankan proses ibadah mereka secara berjamaah. Mushola yang baru berdiri sekira sebulan ini hari juga mendapatkan sokongan satu ekor sapi dari satu satu pimpinan pengurus ranting Muhammadiyah Kec. Limpung, Kab. Batang. Pihak mushola tidak menggabungkan sapi tersebut pada panitia di masjid kampung, entah dengan alasan apa. Namun yang terpenting bahwa kerukunan warga semakin tebal tanpa mempedulikan embel-embel organisasi keagamaan yang disandang penduduk kampung.

Perbedaan menjadi tidak penting lagi. Karena yang perlu menjadi perhatian semua pihak adalah bagaimana menjadikan momen ber-qurban ini bukan hanya untuk ajang berpesta daging atau pun perasaan tinggi karena mampu ber-qurban. Semua pihak, termasuk saya sendiri, harus berupaya meningkatkan iman dan taqwa kita pada Allah SWT. Menghayati, mengambil nilai-nilai, dan meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang dengan kepenuhan jiwa mereka mengimani Allah, dan tunduk atas segala perintah Allah. Bahkan dengan cara mengorbankan sang putra Ismail yang akhirnya dengan kuasa Allah digantikanlah Ismail dengan seekor domba.

Syukur kembali harus kami panjatkan bahwa Alhamdulillah tahun ini ada satu warga kami yang sedang berada di Tanah Suci, Makkah, untuk melaksanakan ibadah haji. Dan semoga menjadi berkah bagi penduduk kampung pelosok ini dan semoga beliau menjadi haji yang mabrur. Dan Akhirnya saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *