strategi pemecahan masalah

Strategi Pemecahan Masalah Pada Kemampuan Matematika

Posted on

strategi pemecahan masalahStrategi Pemecahan Masalah – Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa sekolah dasar tergolong pada kategori sangat rendah. Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa salah satunya dengan menggunakan strategi pemecahan masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematika. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari strategu pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematika.

Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe One-Group Pretest-Postest Design. Pengaruh strategi pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematika sebelum dan sesudah pemebelajaran menggunakan strategi pemecahan masalah diperoleh dari hasil pretes dan postes. Untuk menguji kemampuan koneksi matematika siswa digunakan Paired Sample T Test untuk data yang berdistribusi normal dan menggunakan Two Related Samples Test untuk data yang tidak berdistribusi normal.

Strategi Pemecahan Masalah

Data menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika sebelum menggunakan strategi pemecahan masalah sebagian besar memiliki kemampuan koneksi  matematika yang sangat rendah, dilihat dari siswa laki-laki kemampuan koneksi matematika sebagian besar memiliki kemampuan sangat rendah. Frekuensi tertinggi kemampuan koneksi matematika pada siswa perempuan berada pada kategori rendah. Kemampuan koneksi matematika siswa setelah menggunakan strategi pemecahan masalah mengalami perubahan, baik dilihat secara keseluruhan, maupun dilihat menurut siswa laki-laki dan perempuan. Kemampuan koneksi matematika siswa secara keseluruhan setelah menggunakan strategi pemecahan masalah, kebanyakan siswa memiliki kemampuan koneksi matematika pada kategori sangat tinggi. Sedangkan jika dilihat dari siswa laki-laki, frekuensi tertinggi terdapat pada kategori sedang dan rendah. Frekuensi tertinggi siswa perempuan berada pada kategori sangat tinggi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara strategi pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Pengaruh ini dilihat dari  perbandingan kemampuan koneksi matematika sebelum dan setelah menggunakan strategi pemecahan masalah. Hasil uji  Paired Sample T Test untuk data keseluruhan dan data siswa perempuan serta uji Two Related Samples Test untuk data siswa laki-laki menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa sebelum penggunaan strategi pemecahan masalah dan setelah penggunaan strategi pemecahan masalah di kelas IV SD Negeri 01 Rajapolah.

Kata kunci: Strategi Pemecahan Masalah, Koneksi Matematika.

Judul Asli Abstrak: Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Pre Eksperimen Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Rajapolah Kecamatan Rajapolah Kabupaten Rajapolah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *