perubahan kurikulum

Tidak Jelasnya Alasan Perubahan Kurikulum

Posted on

perubahan kurikulumAlasan Perubahan Kurikulum – Beda dulu, beda pula sekarang. Dahulu, buku sekolah dapat digunakan untuk beberapa tahun. Satu buku dapat dihibahkan ke adik kelasnya. Namun sekarang berbeda keadaannya. Selain persoalan yang berkaitan dengan bisnis penerbitan buku yang kadang bekerjasama dengan pihak sekolah, hal itu terjadi juga karena setidaknya ada perubahan kurikulum yang diberlakukan oleh Kemendikbud.

Perubahan Kurikulum

Dan rencana perubahan kurikulum yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014 tidak hanya mendapatkan kritikan dari para orang tua siswa. Jelas saja mereka mengkritik, sudah pasti nanti akan ada perubahan buku yang harus digunakan. Ujung-ujungnya adalah meningkatnya pengeluaran untuk biaya pendidikan sekolah putra-putrinya. Rencana perubahan kurikulum itu pun menjadi sorotan oleh banyak pengamat pendidikan serta para guru yang sebenarnya menjadi ujung tombak pelaksanaan kurikulum tersebut.

Ada kewajiban dari pemerintah, dalam hal ini pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menjelaskan alasan-alasan yang mendasari harus adanya perubahan kurikulum kepada seluruh komponen yang berkepentingan dengan bidang pendidikan. Sebagaimana dikatakan oleh seorang pengamat pendidikan dari UNJ, Lody Paat, yang dikutip di Kompas, alasan-alasan yang dijadikan dasar untuk melakukan perubahan kurikulum haruslah merupakan alasan yang dapat dibenarkan dan disesuaikan secara pedagogis. Perubahan kurikulum janganlah dijadikan program kerja kementerian, namun lebih karena alasan pedagogis yang harus melatarbelakanginya.

Selain harus mempunyai alasan pedagogis yang jelas dalam ketetapan untuk melakukan perubahan kurikulum, Pangkal perubahan kurikulum dan juga penataan semua faktor-faktor pendidikan seharusnya berada di satuan-satuan pendidikan, ya, di tingkat sekolah. Hal itu dengan alasan bahwa pihak sekolah dari para guru-guru lah yang mengerti akan kebutuhan siswa yang dikaitkan dengan kondisi yang ada. Sebaliknya perubahan kurikulum secara luas dalam tingkat nasional itu justru akan sulit untuk diterima oleh semua kalangan.

Kalaupun nantinya perubahan kurikulum jadi disahkan, itu bukan berarti tugas kementerian telah usai. Pada dasarnya itu adalah awal dari pekerjaan mereka. Bagaimana untuk menyiapkan perangkat pendidikan dan para guru untuk dapat dengan cepat memahami dan menyesuaikan diri dengan kurikulum yang ada nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *