Tips Mengatasi Kebiasan Mendengkur

Posted on

Tips mengatasi kebiasaan mendengkur ini perlu diketahui oleh orang-orang yang biasa mendengkur atau juga punya teman atau anggota keluarga yang mengalaminya. Mendengkur atau yang kadang juga disebut dengan ngorok seringkali menjadi masalah. Selain dapat mengganggu tidur orang lain, pastinya mendengkur juga akan mengganggu kesehatan di pendengkur itu sendiri. Bagi penderita, mendengkur dapat  menyebabkan kelelahan karena tidurnya menjadi terganggu. Selain itu, orang tersebut juga akan mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik sehingga akan rentan terkena depresi.

mengatasi kebiasaan mendengkur

Berikut ini adalah 7 tips mengatasi kebiasaan mendengkur yang apabila diterapkan dengan baik dapat secara efektif mengurangi persamalahan tersebut:

Pertama. Ubahlah posisi tidur Anda. Saat tidur telentang, mulut akan lebih cenderung terbuka dan lidah menghalangi saluran pernafasan. Selain itu, tidur telentang menyebabkan jaringan dan otot pada tenggorokan menjadi rileks hingga menutupi jalan pernafasan Anda. Tidur dalam posisi miring akan membantu Anda mengurangi dengkuran. Letakkan bantal atau tangan Anda untuk memperlancar jalan pernafasan.

Kedua. Hentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Peradangan inilah yang pada akhirnya dapat mengakibatkan suara dengkuran saat tidur.

Ketiga. Hindari minum minuman beralkohol, pil penenang dan obat tidur. Baik alkohol, pil penenang dan obat tidur memiliki kandungan zat yang membuat otot-otot tubuh termasuk otot di sekitar mulut dan tenggorokan menjadi terlalu rileks. Nah, kondisi semacam itu membuat aliran udara Anda akan beristirahat sehingga menyebabkan kinerjanya tidak maksimal, lalu akan menghasilkan vibrasi alias suara dengkuran.

Keempat. Kurangi kelebihan berat badan dan jaga kesehatan tubuh dengan cara mengatur pola makan dan olahraga rutin 3-5 kali seminggu. Orang dengan kelebihan berat badan biasanya akan memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar. Pembesaran tenggorokan ini dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan.

Kelima. Stabilkan pola tidur. Kebiasan tidur yang tidak seimbang bisa mengakibatkan perkembangan ketidakstabilan pernafasan yang sangat signifikan, terutama ketika sedang tidur. Untuk itu usahakan untuk memiliki pola tidur teratur dan tidak terbangun beberapa kali saat tidur malam.

Keenam. Makan malam lebih awal serta jangan mengkonsumsi makanan dan minuman berlemak, seperti susu, sebelum tidur. Krim dan kandugnan lemak dalam susu akan diubah menjadi dahak yang menyumbat lubang hidung sehingga akan mengganggu pernafasan Anda.

Ketujuh. Konsultasikan ke dokter manakala mendapati gangguan kesehatan medis. Gangguan medis apa pun yang menyebabkan penymbatan hidung, tenggorokan atau paru berpotensi menyebabkan dengkuran. Namun dengkuran bisa juga disebabkan oleh adanya gejala diabetes atau hipotiroid. Oleh karena itu, pengobatan terbaik untuk mendengkur pada kasus ini adalah mengobati gangguan medis itu sendiri.

Itulah tips ringan mengatasi kebiasaan mendengkur dapat menjadi referensi yang patut Anda coba. Perlu diperhatikan juga bahwa konsultasi dengan dokter akan lebih tepat mengatasi permasalahan mendengkur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *