vihara-mahavira-graha

Wisata ke Vihara Mahavira Graha

Posted on

Jalan-jalan kita masih di seputar Kota Semarang dulu sebelum nantin akhirnya kita melancong ke berbagai destinasi wisata lainnya, baik lokal atau pun luar negeri. Daftar tempat wisata yang akan kita kunjungi saat ini adalah Vihara Mahavira Graha.

Jika kita jalan-jalan ke salah satu pantai di Kota Semarang, Pantai Marina, kita bisa tuh datang ke Vihara Mahavira. Vihara ini berada dalam satu kompleks objek wisata dengan Pantai Marina di bagian utara Kota Semarang.

vihara-mahavira-graha

Bangunan Vihara Mahavira Graha dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 1,88 hektar. Vihara yang memiliki arsitektur unik dengan enam lantai utama dan satu lantai bawah tanah tersebut, merupakan perpaduan empat fungsi. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai tempat ibadah, pendidikan, budaya, dan wisata.

Vihara ini memiliki beberapa tingkat yang masing-masing lantai dipakai untuk fungsi yang berbeda pula. Sebanyak tiga lantai dikhususkan untuk pemujaan, ketiga lantai tersebut adalah lantai satu, dua, dan enam. Sedangkan ruangan yang digunakan untk keperluan pendidikan terdapat di lantai tiga, empat, dan lima. Di lantai-lantai tersebut terletak perpustakaan, meditasi dan museum. Di dalamnya, antara lain terdapat sejumlah kitab yang berisi ajaran Buddha dan sejarah perkembangan Buddha di dunia. Dari sisi budaya pun sangat kentara sekali. Budaya Cina pun diusung ke vihara tersebut. Ratusan lampion berwarna-warni tampak menggantung mengelilingi vihara.

Vihara ini selain untuk sembahyang juga terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung untuk konsultasi rohani dengan para biksu serta mencari perncerahan jiwa. Namun pengunjung harus menaati peraturan yang ditetapkan di Vihara serta menjaga tata krama selama berada di Vihara Mahavira Graha ini.

Vihara Mahavira Graha ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00 malam dan pengunjung tidak dikenai biaya tiket masuk, cuma perlu memberikan sumbangan seikhlasnya. Tepatnya, vihara ini terletak di Jl. Marina Raya VI 1, Semarang. Bagi siapa saja yang ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang ini ada baiknya untuk menjaga sopan santun selama berkunjung di vihara serta jangan sampai mengganggu para jemaah yang sedang melaksanakan ibadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *