masjid agung jawa tengah

Wisata Religi ke Masjid Agung Jawa Tengah

Posted on

Mulai postingan ini, pembaca akan diajak jalan-jalan ke tempat wisata menarik yang ada di Jawa Tengah dan DIY. Untuk destinasi pertama ini akan menyuguhkan salah satu tempat wisata yang menarik di kota Semarang. Apa itu?

Yap, destinasi pertama adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid agung ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah terutama masyarakat Kota Semarang, selain itu masjid yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini merupakan ikon umat islam di Semarang.

masjid agung jawa tengahMasjid Agung Jawa Tengah memiliki arsitektur unik yang merupakan perpaduan budaya Jawa dan pengaruh Timur Tengah. Hal tersebut dapat terlihat dari bentuk kubah melengkung, geometri bintang delapan serta hiasan kaligrafi yang menggambarkan indahnya budaya Islam. Sedangkan paduan ornamen wayang dan hiasan batik pada beberapa bagian masjid ini menjadi simbol dan budaya Jawa.

Di pelataran masjid yang juga dikenal dengan masjid MAJT ini terdapat Menara Al-Husna yang tingginya mencapai 99 meter. Menara ini bisa dinaiki oleh para pengunjung dengan menggunakan lift; untuk naik ke atas, wisatawan dikenakan biaya sekitar Rp.5000,-. Ketika sudah sampai di bagian atas menara, pengunjung dapat melihat kota Semarang dari ketinggian. Dan bila menginginkan untuk lebih mendetail melihat geografisnya, pengunjung dapat memanfaatkan lima binokular atau teropong yang tersedia di situ. Dengan cukup memasukkan koin Rp.500,- pengunjung dapat melihat lebih dekat pemandangan Kota Semarang. Setiap jelang Ramadhan atau Idul Fitri, di menara ini selalu dilakukan proses Rukyatul Hilal.

Di Menara Al-Husna juga terdapat museum di lantai 3 yang memamerkan peninggalan-peninggalan kebudayaan serta sejarah masa lampau. Selain itu juga terdapat restoran yang memungkinkan pengunjung untuk membeli makanan di situ. Menara ini juga dilengkapi dengan lantai berputar secara otomatis.

Daya tarik lain dari Masjid Agung Jawa Tengah ini adalah empat payung elektrik raksasa seperti payung raksasa yang ada di Masjid Nabawi di Arab Saudi. Payung elektrik ini berfungsi untuk melindungi jamaahnya dari sinar matahari atau pun hujan. Di komplek masjid ini, pengunjung juga dapat melihat Al-Qur’an dan bedug raksasa yang merupakan sumbangan dari masyarakat Jawa Tengah.
Selain itu, di dalam komplek masjid juga tersedia beberapa fasilitas bangunan pendukung seperti: ruang kantor, ruang akad nikah serta auditorium yang dapat dipakai untuk acara resepsi pernikahan.Terdapat juga galeri pertokoan, ruang kantor yang disewakan, hotel dan toko cinderamata.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah ini berada di jalan Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang; dan menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10ha. Untuk menuju lokasi, pengunjung dapat menggunakan angkutan kota atau pun kendaraan pribadi. Jam buka komplek masjid adalah dari pukul 4.00 pagi hingga pukul 22.00 malam. Pengunjung hanya perlu membayar uang parkir dan infaq seikhlasnya saja.

Jika pembaca berkunjung kesana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang dapat dibeli di area pertokoan di komplek masjid. Pengunjung dapat membeli seperti tasbih, mukena, songkok, bandeng presto, wingko babat, dll. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, ada baiknya untuk memperhatikan tip-tip berikut ini:

  1. Datanglah pada saat tiba waktu sholat atau kalau ada pengajian akbar
  2. Sempatkanlah naik ke menara masjid ini untuk melihat pemandangan kota Semarang dari atas
  3. Berpakaian sopan dan jangan mengganggu orang lain yang sedang beribadah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *